.

Apr 24, 2013

Pengembangan Jaringan Sosial

Oleh : Atep Afia Hidayat - Carilah tetangga sebelum mencari rumah, carilah kawan sebelum berjalan, dan carilah bekal sebelum mengembara (HADITS). Di antara individu-individu dalam masyarakat selalu terjadi interaksi. Pola interaksi yang terjadi dipengaruhi oleh kondisi psikologis masing-masing dan oleh situasi serta kondisi lingkungan.


Derajat interaksi antara individu beragam, antara lain dipengaruhi oleh sampai berapa jauh tingkat pengenalan dan kepercayaan di antara para interaktor. Pada interaksi tahap awal, di mana dua individu atau lebih baru saling mengenal, keterlibatan emosi relatif agak tinggi, karena informasi yang diperoleh atau yang terdapat pada masing-masing interaktor masih minim.

Individu yang satu berinteraksi dengan yang lainnya, terutama disebabkan oleh salah satu sifat manusia, yakni mengelompok atau bermasyarakat. Terdapat individu yang begitu mudah mengelompok, ada pula yang bersifat kebalikannya, sukar berinteraksi, atau kurang humanistis. Hal itu dapat dilihat dari wilayah aktivitas sosial tiap individu. Individu yang memiliki kemantapan dalam ber human relation akan memiliki lingkungan pegaulan yang sangat luas, ia secara agresif melakukan ekspansi, sehingga lingkup sosialnya makin meluas.

Lantas, kenapa terdapat individu yang sulit untuk bermasyarakat? Proses interaksi antar individu sebagai landasan dari human relation meliputi kontak psikologis. Dengan demikian pada tiap individu dituntut semacam kematangan kejiwaan, meliputi kemampuan untuk memberikan perhatian kepada orang lain, dan bukannya mencari perhatian orang lain. Sikap keseimbangan ini akan membukakan diri untuk menerima dan menghargai orang lain, dengan cara menempatkan pada posisi yang wajar dan obtektif.

Jika kita mengkaji lebih dalam lagi mengenai human relation ternyata sangat menarik. Misalnya, kepada si A bisa berkawan akrab dengan si B, sedangkan dengan si C tidak, padahal antara si B dan si C merupakan sahabat, serta ketiganya memiliki peluang berinteraksi yang hampir sama.

Kita ambil contoh pada populasi mahasiswa di lingkungan kampusnya, atau ibu-ibu dalam lingkungan perumahan. Terdapat beberapa kelompok mahasiswa pada sebuah kampus, sedangkan diantara kelompok-kelompok juga membentuk irisan-irisan khusus.

Karena memiliki suatu kepentingan, seseorang dari kota B datang ke kota Y, jaraknya antar kedua kota itu ratusan kilometer, memiliki bahasa dan budaya yang berbeda. Di kota Y orang tersebut tidak memiliki relasi, kenalan, apalagi baraya (saudara). Sudah dapat diduga, apa yang bakal terjadi, antara lain ia harus mengeluarkan biaya yang jauh lebih tinggi untuk tinggal di kota Y tersebut, misalnya untuk biaya penginapan, dan karena sesuatu hal hingga kehabisan bekal, ia akan menggelandang !

Si A baru lulus dari sebuah perguruan tinggi, ia tidak memiliki relasi, kenalan atau baraya yang berkedudukan pada sebuah instansi atau perusahaan. Tentu saja karena minimnya informasi, maka si A harus mengirimkan lamaran kesana kemari dengan cara try and error, maka ia akan menghadapi biaya tinggi, dengan tingkat kepastian yang rendah.

Dalam kehidupan setiap manusia terdapat fungsi human relation, yang jika dikelola dengan baik akan memberikan kemudahan-kemudahan, paling tidak mampu menjawab persoalan seperti contoh kasus yang telah dikemukakan.

Relasi, kenalan dan baraya (RKB) bisa diciptakan dan dikondisikan, kapan saja, di mana saja, dan oleh siapapun. Pada dasarnya tiap manusia membutuhkan manusia lainnya. Kenyataannya didunia ini tak ada seorangpun yang tergolong individualis murni.

Seorang manusia yang terdampar disebuah pulau terpencil yang tak berpenghuni, akan mengembangkan sistem relasi, misalnya dengan lingkungan sekitar. Jadi, karena manusia itu tidak dapat hidup sendiri, maka tuntutan untuk mencari relasi, kenalan dan baraya harus dipenuhi.

Terdapat individu yang sangat cepat melaukan ekspansi untuk menciptakan jaringan RKB. Pribadinya bercirikan hangat, adaptif, agresif, dan fleksibel. RKB menentukan sukses tidaknya seseorang dalam kehidupan. Sungguh seseorang tidak bisa meraih apapun tanpa bantuan orang lainnya.

Dalam melakukan ekspansi RKB terdapat banyak cara yang dapat ditempuh, mulai dari pertukaran informasi dan pengalaman, serta pengutaraan perasaan dan kebutuhan. Banyak hal-hal yang unik dan menarik terdapat pada kepribadian tiap orang. Dengan memperhatikannya secara positif dan obyektif, maka wawasan mengenai manusia akan bertambah, dan yang jelas relasi kita makin meluas serta nilai kemanusiaan makin berkembang. (Atep Afia)

34 comments:

  1. menurut saya,sistem RKB,relasi kenalan dan baraya cukup efektif melihat bagaimana hubungan antara sesama sangat diperlukan untuk mengembangkan nilai kemanusiaan (dalam artikel tsb). mengingat manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  2. relasi kenalan dan baraya (RKB) memang bagus menurut saya tapi kembali lagi oleh individunya dia bisa atau tidak menjadi manusia yang bersosialisi karna bagi saya apapun sistem yang dibuat untuk mudah bersosialisasi itu tergantung pada individu itu tersebut, karena percuma kalo individu itu mengerti sistem RKB dan tau caranya tapi kalo dalam praktenya itu salah.

    ReplyDelete
  3. Interaksi sangat penting dalam proses kebutuhan individual dan sosial, ole karena itu menurut saya, inteaksi atau memperluas jarinan sosial sanat dibutuhkan yan namanya adaptasi, karena adanya adaptasi mampu membantu interaktor dalam menyesuaikan drinya untuk masuk ke ruang lingkup baru guna menambah jaringan sosial. adaptasi sangatla diperlukan untuk para interaktor yang baru masuk ke ruan lingkup yan berbeda.

    ReplyDelete
  4. menurut saya jaringan socmed itu penting untuk meningkatkan relasi dengan orang lain apabila kita menggunakannya itu untuk hal baik. dan setiap individu pasti pernah mengalami kesulitan dalam bersosialisasi maka dari itu di butuhkan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  5. Manusia itu adalah mahluk sosial dia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain maka dari itu berinteraksi atau bersosialisasi dengan satu dan lainnya sangat penting bagi kelangsungan hidup individu itu tersendiri agar hidup ini agak ringan kita jalani karena adanya saudara saudara yang ada dilingkungan kita berkat adanya sosialisasi dan interaksi satu sama lain. Mungkin kalau dikalangan mahasiswa harus sejajar yah antara nilai dan bersosialisasi karena saat kita terjun ke masyarakat bukan nilai atau prestasi yang dibutuhkan tetapi bagaimana kita berinteraksi atau bersosialisasi dengan individu lainnya.

    ReplyDelete
  6. Menurut saya interaksi antar individu sangat penting apalagi pada era globalisasi seperti saat ini. Setiap individu harus mampu beradaptasi dan bersifat fleksibel di lingkungannya, baik itu di lingkungan masyarakat maupun tempat kerja. Hal itu bertujuan agar indivitu itu mampu memperluas dan menambah jaringan sosial guna meraih kesuksesan dan kesejahteraan didalam kehidupannya.

    ReplyDelete
  7. Dalam bersosialisasi memang di butuhkan interaksi satu dengan yg lain, tanpa berinteraksi seseorang tidak akan bisa hidup sosial. Apa lagi di zaman modern sekarang ini bisa langsung di realisasikan secara instan melalui perkembangan sosial media. Tapi menurut saya dalam hal ini sudut pandang perlu di perhatikan sebagai acuan penilaian terhadap orang lain agar terciptanya interaksi yang efektif dan baik.

    ReplyDelete
  8. menurut saya perkembangan media sosial sangat penting karena mendukung mudahnya berkomunikasi dengan orang yang berada jauh dengan kita, tapi apabila digunakan untuk hal yang tidak baik ataupun yang berlebihan pula akan menghasilkan dampak yang buruk. karena itu seharusnya pelaku atau pengguna media sosial perlu mengimbangi antara bergaul di media sosial dan di dunia nyata agar pada saat dia bergaul di dunia nyata memiliki banyak relasi yang akan membantu dia nanti.

    ReplyDelete
  9. menurut saya interaksi sosial itu sangat penting untuk individual karna sangat dibutuhkan oleh setiap individual mendapatkan informasi serta menambahkan wawasan . relasi kenalan dan baraya (RKB) bagus menurut saya tetapi kembali lagi pada individual itu sendiri apakan iya bisa atau tidak, menurut saya sudut pandang perlu di perhatikan sebagai acuan individual terhadap orang lain dan dapat terciptanya interaksi yang efektif dan baik.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya bersosialisasi sesama manusia sangatlah penting, karna sudah menjadi hukum alam bahwa manusia harus hidup berdampingan, dengan kita bersosialisasi antar individu kita akan mendapatkan wawasan lebih dan banyak chanel untuk mendapatkan sesuatu yg kita butuhkan, akan tetapi ada sebagian manusia yang sulit untuk bersosialisasi secara langsung maka dari itu pengembangan media sosial media yang dibutuhkan oleh manusia tersebut, karna dengan pengembangan media sosial kita dapat bersosialisasi dengan orang yg jauh sekalipun.

    ReplyDelete
  12. menurut saya jaringan sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi, ide, teman, keturunan,dll. maka dari itu ini penting karna tampa ini kita buta segalanya.

    ReplyDelete
  13. menurut saya jejaring sosial itu seperti hub pertemanan dalam hub sosial yang menjurus di dunia maya (DUMAI) seperti orang-orang bilang yang menjalin hubungan dalam pertemanan di dalam dunia maya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya jejaring sosial itu seperti hub pertemanan dalam hub sosial yang menjurus di dunia maya (DUMAI) seperti orang-orang bilang yang menjalin hubungan dalam pertemanan di dalam dunia maya

      Delete
  14. menurut saya jejaring sosial itu sangat penting bagi semua manusia.karena manusia diciptakan dibumi ini untuk saling menjaga,menyayangi dan saling berhubungan satu dengan yang lainnya.manusia tidak dapat hidup sendiri karena pasti membutuhkan bantuan orang lain.mambutuhkan bantuan orang lain itu pasti kita harus berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung atau pun tidak lamgsung .dari jejaring sosial ini kita mendapat kan banyak manfaat mulai dari teman,wawasan,dan pengalaman hidup.

    ReplyDelete
  15. Saya setuju dengan artikel bapak. Menurut saya, memiliki RKB itu penting dalam kehidupan dan tidak bisa disepelekan. Salah satunya adalah dengan cara pintar2 membawa diri (adaptasi) ke dalam lingkungan yang baru. Karena semakin pintar orang itu beradaptasi, ia akan lebih mudah untuk mendapatkan RKB. Meskipun begitu, kita harus tetap memilih2 mana yg pantas dijadikan RKB atau tidak. Jangan sampai mereka malah membawa hal negatif kepada kita.

    ReplyDelete
  16. Menurut saya, RKB itu sangatlah penting untuk menunjang kehidupan sosial kita. Bahwa pada umumnya, kita sebagai makhluk sosial diwajibkan untuk hidup berdampingan atau tidak sendirian. Tetapi, itu kembali lagi ke pribadi masing-masing, karena tidak semua individu mudah beradaptasi terhadap lingkungan yang baru, adakalanya individu yang sangat pasif bersosialisasi dan beradaptasi di lingkungan yang baru dia kenal, apalagi yang ditakutkan apabila individu tersebut melaksanakan RKB tidak dipilah-pilah terlebih dahulu yang dimana akan berujung pada hal-hal yang berbau negatif. Namun, di zaman modern sekarang ini kebanyakan kaum remaja terlalu aktif di kehidupan sosial dunia maya dibandingkan di dunia nyata, tentu itu tidak baik karena itu akan menjadikan orang-orang di sekitar kita akan semakin jauh dan orang-orang yang jauh disana akan semakin dekat dengan kita.

    ReplyDelete
  17. Saya setuju dengan artikel diatas, manusia diciptakan sebagai makhluk sosial yang tanpa bantuan dari manusia lain tidak akan bisa lama bertahan hidup di dunia ini, dan memiliki RKB itu penting untuk menunjang kehidupan di dunia ini, karna jika kita mempunyai banyak relasi akan ada banyak manfaat dan keuntungan yang akan dapat membantu kita

    ReplyDelete
  18. Menurut pendapat saya,perkembangan jaringan sosial pada saat ini semakin berkembang lebih baik,sesuai dengan apa yang telah di bahas pada artikel ini.Karena kita dapat dengan mudah berinteraksi dengan semua orang dimanapun dan kapanpun.

    ReplyDelete
  19. Kita sebagai makhluk sosial wajib untuk melaksanakan RKB. Kita tahu bahwa tanpa berinteraksi kita tidak dapat hidup di dunia ini. Pada jaman modern ini banyak cara untuk kita berinteraksi lebih luas dan mudah. Walaupun tidak semua orang dapat berinteraksi dengan mudah. Dalam melaksanakan RKB wajiblah kita untuk memilih mana yang akan membawa kita kepada dampak positif nantinya.

    ReplyDelete
  20. saya sangat setuju dengan artikel yang di atas,kita sebagai manusia atau makhluk sosial sangat penting mempunyai rasa sosial yang tinggi,kita tidak bisa hidup sendiri atau individu,jaman sekarang sudah canggih,dengan ada nya dunia maya kita bisa berinteraksi dengan berbagai orang yang ada di dunia ...

    ReplyDelete
  21. tepat sekali pak , dengan memperbanyak jaringan sosial atau memperbanyak teman / kenalan hidup serasa lebih mudah . kuncinya adalah tidak pernah membedakan suku , agama , ras !! namun di kalangan umur seperti saya masih saja yang membedakan ras / suku atau yang sedang hits di kalangan mahassiswa adalah di kalangan si pintar sukar enggan bergaul dengan orang orang yang biasa saja atau bandel sekalipun , seaakan mereka massih menutup tangan untuk orang orang seperti .. terimakasih

    ReplyDelete
  22. Menurut saya karna manusia adalah makhluk sosial atau tidak bisa hidup individual murni, maka relasi kenalan dan baraya (RKB) sangatlah penting dan bahkan di sarankan memiliki hal tersebut. Danmenurut saya manusia tidak harus berteman dengan orang orang yang itu saja atau berkelompok karena dengan memiliki banyak teman kita dapat memiliki banyak pengalaman.

    ReplyDelete
  23. saya sih yes pak, saya setuju banget dengan artikel ini karena manusia itu makhluk yang tidak bisa hidup sendirian atau bisa di sebut dengan manusia adalah makhluk yang sosial, pasti setiap manusia di seluruh dunia ini dan manusia yang ada di pedalaman sana pasti dia selalu berinteraksi sosial

    ReplyDelete
  24. menurut saya interaksi antar sesama manusia sangat penting,karena memang manusia adalah makhluk sosial yang tidak lepas dari keterbutuhan antar sesama makhluk hidup.jadi,relasi kenalan dan baraya(RKB) itu sangat penting bagi kita sebagai makhluk sosial

    ReplyDelete
  25. Menurut saya artikel itu sangat benar sekali karena setiap insan Manusia adalah mahkluk sosial yang membutuhkan satu sama lain.

    ReplyDelete
  26. ya jaringan sosial sangan di perlukan di dunia ini untuk mencari informasi, tapi kita harus yang positif bukan yang negatif

    ReplyDelete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. Pentingnya pengembangan jaringan sosial itu sudah tidak dipertanyakan lagi. Sudah mutlak manusia sebagai makhluk sosial. Segala aktivitas yang kita lakukan tidak terlepas dari peran orang lain. Manusia yang memiliki jaringan sosial yang luas akan menjalani hidup yang lebih mudah dibandingkan yang memiliki jaringan sosial yang sempit.

    ReplyDelete
  29. Dengan kita aktif dijaringan sosial kita bisa banyak berteman dengan orang seluruh dunia, untuk menambah relasi dan pengalaman

    ReplyDelete
  30. menurut saya interaksi sesama sosial itu sangat perlu didalam kehidupan ini, ketika sudah masuk di jaringan sosial kita lebih banyak teman dan pengetahuan mungkin yang belum kita dapat..

    ReplyDelete
  31. menurut saya berinteraksi sosial itu penting apalagi dijejaring sosial.bahwa makhluk individual saling berbagi ilmu dan menambah citra pengetahuan kita

    ReplyDelete
  32. B-10 UTOMO, TUGAS TB05

    Sangat menarik ulasan mengenai human relation ini, utamanya pada sebagian besar manusia ada yg mudah berbaur ada yg tidak, timbulnya emosional antar manusia saat pertama bertemu pasti terjadi, dan penciptaan jaringan RKB yg dijelaskan bpk cukup mengesankan.

    ReplyDelete
  33. @C13-ROHADI,TUGAS TC05

    Saya setuju, selain dengan adanya skil dalam membangun kesuksesan taklepas dari pembentuka jaringan yang dilakukan oleh stiap pelaku usaha, dengan memperbanyak jaringan proses perkembangan ,pengenalan dan pemanfaatan akan lebih terdistribusi dengan mudah sehinggan kesuksesan yang diharapkan akan mudah terwujud

    ReplyDelete