.

Apr 24, 2013

Kemitraan Perguruan Tinggi dengan Dunia Usaha

Oleh : Atep Afia Hidayat - Perguruan tinggi dan dunia usaha merupakan aset nasional yang sangat menentukan bagi kemajuan bangsa. Apalagi jika di antara keduanya terdapat semacam simbiosis mutualisme (kerjasama yang saling menguntungkan), atau kemitraan. Bagaimanapun, sebuah perguruan tinggi dengan berbagai perlengkapannya dapat menunjang perkembangan dunia usaha. Sebaliknya, dunia usaha pun dapat menopang kemajuan sebuah perguruan tinggi.

Selama ini memang di antara kedua institusi tersebut seolah terjadi kesenjangan. Hal yang cukup nampak dalam persoalan ketenagakerjaan. Lulusan sebuah perguruan tinggi merasa bingung ketika memasuki dunia usaha. Semula berambisi untuk “mempraktekan” atau “mengaplikasikan” ilmu yang diperolehnya. Tetapi apadaya, diantara ilmu atau teori dengan prakteknya sangat berlainan, maka munculah istilah “kurang siap pakai”.

Memasuki era industrialisasi saat ini, sudah semestinya kerjasama di antara dunia usaha dengan perguruan tinggi tersebut lebih dioptimalkan. Jika tidak, maka kedua potensi tersebut akan tetap berjalan sendiri-sendiri, dan tidak membentuk sinergi yang positif dan produktif.

Mendekatnya perguruan tinggi dengan dunia usaha tidak dimaksudkan sebagai pengadopsian segi bisnis oleh perguruan tinggi. Bagaimanapun sebuah perguruan tinggi, meskipun yang dikelola oleh swasta (PTS) harus tetap mengacu pada Tri Dharma yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jika sebuah perguruan tinggi sudah berorientasi ke arah bisnis, maka misi yang diembannya itu menjadi luntur.


Kerjasama di antara perguruan tinggi dengan dunia usaha lebih ditujukan pada optimasi potensinya masing-masing. Hal-hal yang bisa diperoleh oleh perguruan tinggi antara lain, bantuan fasilitas dan peralatan penelitian, dana penelitian, lokasi magang, dan sebagainya. Sedangkan hal-hal yang bisa diperoleh dunia usaha, yakni pengembangan produk, pelatihan tenaga kerja, bantuan survey, dan sebagainya.

Dengan adanya kerjasama dengan perguruan tinggi dunia usaha bisa meningkatkan efektivitas dan efisiensinya. Jasa konsultasi dalam bidang manajemen, akuntansi, gugus kendali mutu, dan yang lainnya juga bisa dilayani oleh perguruan tinggi.

Kerjasama perguruan tinggi dengan dunia usaha juga bisa dikembangkan lebih lanjut dalam bidang pengabdian masyarakat. Umpamanya sebuah perusahaan besar dengan bantuan sebuah perguruan tinggi bisa membantu masyarakat di sekitarnya, yakni melalui program bapak angkat, di mana masyarakat yang berusaha baik dibidang industri kecil, kerajinan, atau yang lainnya, memperoleh bantuan teknologi dan pemasaran. Dalam pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) dunia usaha bisa bermitra dengan perguruan tinggi. Pertumbuhan sebuah perusahaan dan perkembangan sebuah perguruan tinggi, juga harus bisa dinikmati oleh masyarakat di sekitarnya.

Satu hal yang sangat penting, sebagai efek dari adanya kerjasama perguruan tinggi dengan dunia usaha, yakni meningkatnya profesionalisme. Profesionalisme yang memiliki ciri-ciri keahlian (expertise), tanggung jawab (responsibility) dan kesejawatan (corporateness), merupakan bentuk nilai tambah atau pengembangan dari pekerjaan (vocation).

Konsep-konsep manajemen usaha yang lahir di perguruan tinggi lantas diaplikasikan dalam dunia usaha. Sebaliknya, kasus yang muncul dalam dunia usaha bisa dikaji lebih lanjut melalui perguruan tinggi. Keterpaduan itu pada akhirnya akan meningkatkan dan mengoptimalkan fungsi masing-masing pihak.

Kerjasama di antara perguruan tinggi dan dunia usaha merupakan ajang untuk saling melengkapi dan membenahi kelemahan masing-masing pihak. Hingga kedua belah pihak bisa tumbuh dan berkembang secara optimal. Pertumbuhan dunia usaha lebih jauh lagi akan turut memacu laju pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam hal ini, perguruan tinggi berperan sebagai katalisator. Perguruan tinggi yang memiliki sub-lembaga penelitian, merupakan mitra kerja dunia usaha.

Bagaimanapun pendidikan merupakan tulang punggung kemajuan suatu bangsa, apalagi perguruan tinggi, yang antara lain berperan sebagai professionalizing force, institutionalizing force dan modernizing force. Dengan adanya bentuk kemitraan dengan dunia usaha, maka kemajuan perguruan tinggi pun akan turut terpacu, mengingat sifat dari dunia usaha yang merupakan organisasi profit. Bentuk kerjasama itupun akan mengarah pada “keuntungan” bagi masing-masing pihak. (Atep Afia

12 comments:

  1. setuju, kerjasama antara perguruan tinggi dan dunia usaha itu sangat bagus dan saling menguntungkan antara kedua belah pihak jadi harus di optimalkan lagj.

    ReplyDelete
  2. Sangat Setuju sekali jika ada kemitraan antara Dunia Pendidikan dan dunia usaha bahkan dengan Lembaga Pemerintahan.
    Jika ketiga komponen Bangsa ini bersinergi dengan baik, maka akan terjadi Simbiosis Mutualisme yang saling menguntungkan.Pemerintah bisa mengadopt lulusan Perguruan Tinggi terbaik dalam jajaran pemerintahan sehingga akan diperoleh tenaga profesional yang memadai, begitu juga dunia Usaha bisa memberikan masukan kebutuhan Skill tenaga kerjanya melalui kerjasama dengan dunia Pendidikan.
    Jika hal ini bisa dilakukan, profesionalisme dalam dunia Industri maupun pemerintahan dapat tercipta dengan baik. Terima kasih. Subur Widodo

    ReplyDelete
  3. Kemitraan antara perguruan tinggi dan dunia usaha memang sangat diperlukan. Dengan kemitraan tersebut maka dapat dijadikan sebagai wadah bagi mahasiwa untuk melakukan praktek lapangan akan teori-teori yang sudah diajarkan selama mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Dengan begitu, maka skill yang dimiliki oleh mahasiswa tersebut juga mengalami peningkatan sehingga ketika sudah lulus perguruan tinggi dapat langsung dimanfaatkan di dunia usaha dan memajukan dunia usaha itu sendiri karena sudah memiliki kompetensi yang cukup dan dapat bersaing dengan para kompetitor.

    ReplyDelete
  4. abdurahman 41611120040

    saya sangat setuju dengan adanya kerja sama antar perguruan tinggi dengan dunia usah karna dengan adanya kerja sama seperti ini lulusan - lulusan dari PTN dan PTS bisa dinaungi untuk mendapatkan suatu pekerjaan setelah mereka lulus dari perguruan tinggi dan dari pihak kampus dan dunia usaha bisa lebih serius melakukan kerjasama ini

    ReplyDelete
  5. Dalam hal kemitraan dunia usaha dan perguruan tinggi ini saya sangat mendukung karena kemitraan seperti inilah yang bisa membangun bangsa ini lebih maju dan bisa bersaing di kacah internasional.Antara teori-teori yang dimiliki oleh dunia pendidikan diaplikasikan di dunia usaha akan menghasilkan out put yang lebih baik dari pada berjalan sendiri-sendiri.

    ReplyDelete
  6. Saya setuju sekali dengan adanya kerjasama dunia kemitraan dengan dunia perguruan tinggi dimana kemitraan mengandung pengertian adanya persahabatan, kerjasama, hubungan timbal balik yang saling
    membantu. Dalam kehidupan modern peran pendidikan sekolah lebih diarahkan dan dikaitkan dengan ekonomi dan hampir semua pemerintah mengakui bahwa sekolah harus dapat menghasilkan tenaga kerja yang terdidik dan kerketrampilan yang dibutuhkan bagi pencapaian kemajuan dan
    persaingan ekonomi

    ReplyDelete
  7. Saya setuju dengan adanya kemitraan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha, pada intinya akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, bagi dunia usaha, akan mendapatkan generasi penerus penerus yang mempunyai yang berprestasi dan terampil, dan perguruan tinggi, adalah akan dibantu dengan tersalurkannya sarjana - sarjana yang telah lulus, dan langsung terserap di dunia usaha.

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan pendapat artikel ini, Bermitra dengan pengusaha merupakan suatu Inisiatif yang baik untuk meningkatkan Qualitas mahasiswa. Aktivitas ini bisa di tuangkan atau di aplikasikan dalam kehidupan kita setelah lulus nanti. Oleh karena itu membuat kita terbiasa atau tahu dunia usaha seperti apa.
    Salam,
    Fadli Mauladi

    ReplyDelete
  9. menurut pendapat saya kemitraan antara perguruan tinggi dengan dunia usaha saling memiliki ketergantungan. bagi perguruan tinggi,dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha maka lulusan yang dicetak dapt segera tersalurkan .sedangkan bagi dunia usaha sendiri mereka akan mendapatkan man power yang masih fresh dan memiliki semangatyang masih tinggi pula hal ini bermanfaat bagi produktifitas dunia usaha

    ReplyDelete
  10. B-10 UTOMO, TUGAS TB05

    Benar kemitraan ini harus selalu hidup, dan berlangsungnya kemitraan tersebut berdampak baik sekali terhadap profesionalitas masing masing dan dampaknya kepada masyarakat luas.

    ReplyDelete
  11. @C13-ROHAADI,TUGAS TC05

    saya sependapat, manusia tidak dapat hidup sendiri tanp bantuang orang-orang di sekitarnya, begiyupula perguruan tinggi yang menjalin kemitraan denngan dunia usaha, hal tersebut bisa dikatakan sudah menyatu dan menjadi pasangan yang solid, dengan teori-teori yang di dapat dari perguruan tinggi maka proses pembelajaran selanjutnya yaitu praktek terhadap mitra usaha tadi, jadi baik bteori maupun praktek yang di ajarkan semua telah didapati oleh setiap pelajar nya
    terimakasih

    ReplyDelete
  12. Bintang Pamungkas
    @E10-Bintang, @Tugas B05
    Sangat setuju. kerja sama antara perguruan tinggi dengan dunia usaha akan memberikan manfaat bagii perguruan tinggi, badan usaha serta mahasiswa nya. Jika lulus, mahasiswa tidak perlu susah-susah untuk mencari pekerjaan. badan usaha pun demikian tidak perlu mencari pekerja dengan susah payah serta nama perguruan tinggi akan terangkat jika mahasiswa yang telah lulus dan bekerja tersebut berprestasi dalam proses kerjanya

    ReplyDelete