Apr 21, 2013

Bisnis Apaan Tuchh ?

Oleh : Atep Afia Hidayat - Bisnis sebuah kata yang enak dan mudah diucapkan, juga termasuk kata yang sering diungkapkan oleh siapapun. Bisnis berawal dari kata dalam bahasa Inggris, business (baca biznis) yang padanan kata Bahasa Indonesia-nya pekerjaan; perdagangan; perusahaan; urusan dan perkara. Sementara kamus online http://www.merriam-webster.com/dictionar…, setidaknya menyebutkan 10 pengertian business, antara lain : a usually commercial or mercantile activity engaged in as a means of livelihood ; personal concern. Sedangkan sinonim (synonyms) business ialah business, commerce, trade, industry, traffic.

Dalam konteks kekinian bisnis lebih melekat dalam kegiatan usaha dan urusan perdagangan atau kegiatan yang bersifat komersil. Sebagai contoh si A memiliki bisnis, setidaknya dia memiliki sejenis usaha yang akan memberikan keuntungan finansial. Terkait dalam konteks ini ialah istilah proyek, jual, beli, permintaan, penawaran, transaksi, deal, transfer, cash, kredit, dan sebagainya. Bisnis itu bisa berupa jasa atau barang. Bisa dalam jangka pendek atau panjang. Bisa halal dan legal, halal tidak legal, legal tidak halal, atau tidak halal dan tidak legal.

Tetapi dalam hal ini, bisnis bukan semata urusan keuntungan dalam bentuk finansial semata. Dalam bisnis ada prestise, kemanfaatan, kontribusi, amal, dan pahala. Kalau bisnis hanya mengejar keuntungan finansial semata, terlalu sederhana. Begitu naif. Nilai filosofi bisnis begitu luas, karena pengertian bisnia juga meliputi urusan dan perkara. Setiap hari kita memiliki banyak urusan, bisa dengan sesama manusia, begitu juga dengan Allah SWT, Tuhan yang menciptakan alam semesta, termasuk segenap manusia. Semua manusia berususan dengan penciptanya. Dengan kata lain bisnis juga terjadi antara manusia dan penciptanya. Allah SWT akan memberikan nilai tertentu bagi setiap langkah fisik, hati dan pikir yang dijalankan setiap manusia.

Dengan demikian, meskipun bisnis dalam pengertian sempit berarti usaha atau dagang, yang tujuannya mencari keuntungan. Maka keuntungan harus bersifat idealis, bukan komersialis semata. Kita berbisnis dengan Bismillah, dengan fokus mencarai ridlo dan pahala Allah SWT. Sedangkan keuntungan finansial sifatnya relatif, dan itu merupakan bagian dari rejeki yang telah disiapkanNya untuk kita jemput. (Atep Afia)

5 comments:

  1. Perdagangan atau bisnis adalah suatu yang terhormat di dalam ajaran Islam, karena itu cukup banyak ayat Al-quran dan hadits Nabi yang menyebut dan menjelaskan norma-norma perdagangan. C.C. Torrey dalam The Commercial Theological Term in the Quranmenerangkan bahwa Alquran memakai 20 terminologi bisnis. Ungkapan tersebutmalahan di ulang sebanyak 720 kaliPenghargaan Nabi Muhammad terhadap perdagangan sangat tinggi, bahkan beliau sendiri adalah seorang aktivis perdagangan mancanegara yang sangat handal dan pupolis. Sejak usia muda reputasinya dalam dunia bisnis demikian bagus, sehingga beliau dikenal luas di Yaman, Syiria, Yordana, Iraq, Basrah dan kota-kota perdagangan lainnya diJazirah Arab. Kiprah Nabi Muhammad dalam perdagangan banyak dibahas oleh Afzalur Rahman dalam buku Muhammad A Trader.

    ReplyDelete
  2. @C33-TRI, TUGAS TC05

    Bisnis merupakan kegiatan menjual barang atau jasa kepada konsumen. Sejak zaman dulu bisnis merupakan salah satu perkerjaan yang sudah ada. Dan saat ini pun bisnis hampir menjadi pekerjaan utaman umat manusia. Dan pekerjaan yang di sunnah kan oleh Nabi Muhammad adalah berdagang, namun itu harus secara benar dan tidak merugikan orang lain.

    ReplyDelete
  3. Jessica Siahaan
    @E30-Jessica, @Tugas B05

    Bisnis merupakan salah satu bentuk pekerjaan, karena dapat menghasilkan sesuatu yang disebut uang. Seseorang bisa mendapatkan uang dengan banyak cara, bisa dengan cara halal, bahkan haram sekalipun. Ketika kita bekerja, kita tidak hanya berhubungan dengan orang lain, tapi kita berhubungan juga dengan pencipta kita, yaitu Tuhan. Ketika bisnis yang kita lakukan tersebut halal dan membuat orang lain merasa senang, maka Tuhan pun akan senang sehingga kita mendapat pahala. Tetapi ketika kita melakukan bisnis dengan cara haram, maka kita sama saja berbuat dosa.
    Lakukanlah bisnis dengan sepenuh hati dan dengan niat yang baik, maka segala urusan perbisnis-an kita pasti akan dimudahkan.

    ReplyDelete
  4. A Eka Pratiwi - 43116120035, KWU Kamis

    Bisnis menurut wikipedia adalahsuatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Semua orang bisa berbisnis jika memang ada kemuan dan komitmen. Seperti kita para mahasiswa jika ingin memulai bisnis tanpa modal bisa mencoba dengan sistem "dropship".
    Bisnis yang tidak membuat kita rugi jika kita ber Partner dengan الله SWT, seperti: sholat 5 waktu, bisnis dengan benar dan dilakukan dengan cara yang benar, tetapkan niat dan tujuan, dan yang terakhir jangan lupa berdoa. Karena, semua yang kita terima adalah rejeki dari الله SWT.

    ReplyDelete
  5. Sita Amaliasari 43116120056-KWU Kamis

    Saya sangat setuju dengan pernyataan dalam hal ini, bisnis bukan semata urusan keuntungan dalam bentuk finansial semata. Dalam bisnis ada prestise, kemanfaatan, kontribusi, amal, dan pahala.
    Di dalam islam berbisnis amatlah sangat baiknbahkan dianjurkan asalkan kita berada pada jalan Allah. Berbisnis tanpa adanya keridhoan dari Sang Kuasa merupakan suatu hal yang sia-sia karena kita sudah diberikan jalan untuk berbisnis namun Allah tidak ridho.Sama saja kita terlena dengan godaan syaitan.

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.