.

Apr 22, 2013

Pemanasan Global Akibat Ulah Manusia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Proses degredasi kualitas lingkungan terus berlangsung di semua bagian permukaan bumi, bahkan hingga ke atmosfir. Memang ada upaya untuk menghambat dan menangkalnya, namun relatif tak berarti jika dibandingkan dengan laju degredasi. Di umpamakan yang berperan dalam pelestarian lingkungan hidup satu orang, sedangkan yang berperan dalam pengurusakkan seribu orang.


Satu banding seribu amat timpang, bagaimanapun usaha yang dilakukan oleh satu orang tidak akan sanggup menandingi usaha atau kerja seribu orang. Seperti itulah gambarannya, yang termasuk penyelamat dan pelestari lingkungan masih amat langka, sedangkan mereka yang merusak lingkungan ada di mana-mana.

Hampir setiap orang memberikan kontribusi terhadap degradasi kualitas lingkungan. Sebagai contoh, tatkala kita menyemprotkan deodorant atau hairspray, maka terlepaslah gas CFC (kloro fluoro karbon) ke atmosfer. Memang kalau hanya satu semprotan pengaruhnya relatif kecil, bahkan hampir tak menimbulkan dampak apapun.

Namun dalam setiap harinya berapa juta semprotan yang terjadi, mengingat pemakai deodorant dan hairspray itu mencapai jutaan orang. Dengan rutin setiap hari menyemprotkannya, kalau setahun berapa milyar semprotan yang terjadi ? belum lagi penggunaan aneka produk aerosol lainnya seperti pewangi ruangan, pembasmi serangga, pendingin ruangan atau lemari es.

Padahal gas CFC mampu bertahan hingga 100 tahun di atmosfer, selain itu kemampuannya dalam menyerap panas sekitar 16.000 kali CO2 (karbon dioksida). Gas tersebut tergolong gas rumah kaca yang bisa menyebabkan pemanasan global. Pemanasan global menyebabkan iklim berubah secara radikal dan di wilayah tertentu bisa menimbulkan banjir atau badai.

Akibat naiknya permukaan laut beberapa kota besar yang ada di tepi pantai akan terendam bahkan tenggelam. Inilah degradasi kualitas lingkungan yang bisa mengancam sebagian populasi manusia. Selain itu gas CFC bisa merusak lapisan ozon, maka perlu ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mengurangi penggunaannya.

Selain gas CFC masih banyak gas lainnya yang berperan dalam pemanasan global, gas-gas itu terutama merupakan hasil sampingan aktivitas industri, transportasi, pembakaran dan pertanian.

Gas yang kuantitasnya amat dominan ialah CO2 dihasilkan dalam proses pembakaran BBM, batubara dan berbagai bahan organik lainnya. Sebagai contoh, pengeluaran gas CO2 dari sebuah mobil rata-rata mencapai 5 ton pertahun. Padahal, di planet bumi ini terdapat ratusan juta mobil. Hampir setiap orang berperan dalam proses degradasi kualitas lingkungan, padahal setiap orang membutuhkan kualitas lingkungan yang ideal, artinya secara optimum bisa mendukung kehidupannya.

Permukaan bumi memiliki semacam alat penangkal terjadinya pemanasan global yaitu hutan. Ekosistem hutan dengan berjuta-juta spesies vegetasi mampu menyerap gas karbon dioksida, hingga gas yang lepas ke atmosfer bisa dikurangi secara efektif. Namun ternyata, hutan itupun dirusak, dibakar atau ditebangi hingga luas hamparan vegetasi menyusut drastis. Di Indonesia dari sekitar 144 juta hektar hutan, 20 juta hektar di antaranya dalam kondisi kritis. (Atep Afia)


50 comments:

  1. Pemanasan global yang sekarang sudah kita rasakan bukan sekadar isu tapi memang benar adanya dan lebih parah lagi itu akibat ulah manusia yang semakin maju, semakin pintar, semakin canggih malah berdampak buruk bagi diri mereka sendiri seharusnya dengan ilmu yang mereka miliki dapat menciptakan rumah mereka (bumi) dapat di tinggali dengan lebih nyaman dan semakin ramah dengan lingkungan layaknya nenek moyang mereka terdahulu.

    ReplyDelete
  2. Pemanasan global slalu dikaitkan karna ulah manusia. Ada manusia yg berupaya untuk tetap menjaga dunia ini tapi justru "banyak" manusia yg berlomba untuk merusak dunia ini. Dari mulai hal yg kecil saja, kita sudah merusak alam maka dari itu mengapa sesuatu didunia ini sudah tidak terlihat baik lagi. Kita melakukan kebiasaan yg salah dan seluruh dunia melakukan itu maka pemanasan global langsung meluas. Hal yg kecil saja bisa merusak lingkungan, itulah mengapa kita perlu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Hidup bukan hany untuk hari ini, masih banyak generasi penerus yg hidup dimasa yg akan datang. Kepedulian sangat perlu, jgn biarkan orang lain merasakan dampak yg seharusnya kita rasakan karna ulah kita sendiri.

    ReplyDelete
  3. sangat bahay sekali jika pemanasan global itu benera-benar terus terusan terjadi di jakarta, karna pemanasan global sangat merugikan bagi manusia yang merasakan akibatnya

    ReplyDelete
  4. Konstribusi gas-gas beracun yang dihasilkan dari berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh manusia akan menyebabkan berbagai macam kerusakan di bumi mulai dari pemanasan global, berbagai macam penyakit kulit, hingga kanker, dan lain sebagainya.
    Itu merupakan dampak yang dihasilkan akibat terlalu banyaknya kegiatan manusia yang menghasilkan gas-gas udara yang beracun tanpa memikirkan akibatnya.
    Maka, sudah saatnya kita lakukan diantaranya penanaman pohon dan lakukan berbagai inovasi-inovasi baru dalam rangka mengurangi efek dari gas-gas beracun yang dihasilkan.

    ReplyDelete
  5. Di jaman yang modern seperti sekarang ini saya rasa susah untuk mengingatkan masyarakat akan bahayanya pemanasan global karna masyarakat seolah-olah cuek dan tidak peduli akan kerusakan lingkungan padahal yang akan merasakan semua masyarakat akan tetapi bila ada gerakan peduli bumi saya yaki masyarakat akan bnyak yang antusias dan peranserta pemerintah akan membantu untuk melaksanakannya.
    salah satu cara untuk mengurangi pemanasan global dengan cara reboisasi atau penanaman pohon atau memperbanyak ruang hijau agar gas CO2 bisa diserap oleh tumbuhan sehingga gas CO2 yang akan menuju ke ozon bisa berkurang selai itu pemerintah harus membatsi kendaraan pribadi tetapi harus di imbangi dengan fasilitas umum yang cukup memadahi atau menerapkan aturan untuk memakai sepeda dengan demikian bisa mengurangi proses pemanasan global dan harus mencari dukungan sebanyak-banyaknya dari masyarakat saya yakin makin banyak masyarakat yang antusias maka pencegahan pemanasan global bisa dilakukan.

    ReplyDelete
  6. Pemanasan global menjadi permasalahan serius yang harus kita perhatikan bersama sebagai insan manusia yang berlandaskan ideologi kemanusiaan berlandaskan ketuhanan. Permasalahan diatas menjadi tanggung jawab kita semua. Laksanakan hal kecil seperti seperti mengurangi penggunaan sterofom, hal yang kecil akan memiliki nilai yang besar untuk masa depan anak cucu kita!

    ReplyDelete
  7. Pemansan global memang selalu di kait kan oleh ulah manusia. pemanasan global ini memang menjadi kasus yang sangat serius apalagi di zaman modern saat ini. hal ini terjadi memang karena kurang peka/ kepedulian manusia terhdap lingkungan sehingga terjadilah pemansan global. untuk tanggung jawab atas kasus ini sudah menjadi mutlak tanggung jawab kita semua untuk sadar akan hal ini dan melakukan tindakan misalkan mengurangi pemakaian parfum semprot dialihkan dengan menggunakan parfum oles. kita harus memikirkan kehidupan untuk generasi kita kedepannya.

    ReplyDelete
  8. Pemanasan global selalu diidentikan dengan campur angan manusia didalamnya, dikarenakan lapisan ozon yang semakin menipis karena sudah dipenuhi oleh zat karbon yang dihasilkan oleh manusia, ole karena iu manusia harus menemukan solusi unuk mengurangi jumlh karbon di amosfer

    ReplyDelete
  9. Kasus degredasi kualitas lingkungan memang sudah menjadi isapan jempol belaka di zaman modern yang semakin canggih ini, terutama dalam perkontribusian dalam "merancangkan" pemanasan global akibat efek rumah kaca yang terjadi di tempat tinggal manusia saat ini (bumi). Itu semua kembali lagi karena ulah dari manusia itu sendiri, hampir seluruh manusia di bumi ini pasti berkontribusi dalam proses pemanasan global yang sudah marak atau sudah kita rasakan saat ini, seperti cuaca ekstrim, banjir dimana-mana, atau bahkan penyakit kulit yang sudah banyak diderita oleh sebagian manusia saat ini. Dari kesalahan kita yang sangat sepele pun, seperti pemakaian hairspray untuk menunjang penampilan kita itu sudah menjadi cikal bakal pada gejala efek rumah kaca. Kita sebagai manusia hendaknya bertanggung jawab terhadap kesalahan apa yang telah kita lakukan selama ini, seperti menjaga kelestarian hutan, tetapi tidak menutup kemungkinan kerusakan ekosistem hutan semakin marak terjadi. Kita juga harus memikirkan generasi-generasi ke depan kita, jangan hanya memikirkan dampak yang kita perbuat untuk beberapa hari ke depan, melainkan untuk beberapa puluh tahun ke depan. Tentu kita tidak ingin melihat kehidupan anak cucu kita kelak yang penuh kesengsaraan akibat dari perbuatan atau ulah dari kita sendiri saat ini.

    ReplyDelete
  10. Dampak dari pemanasan global sudah kita rasakan saat ini. Perubahan iklim yang ekstrem adalah salah satu yang paling terasa. Banyak manusia yang mengeluh akan hal ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini pun terjadi akibat dari ulah tangan manusia itu sendiri. Hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa berdampak besar apabila hal tersebut juga dilakukan oleh hampir semua orang di bumi ini, seperti penggunaan AC, hairdryer, atau bahkan deodorant. Namun begitu, saat ini sudah banyak pula kesadaran manusia tentang kepedulian akan lingkungan. Dengan mengubah paling tidak sedikit saja kebiasaan yang dapat berdampak buruk untuk bumi kita dari setiap individu di dunia, tentu akan sangat berpengaruh untuk kelestarian bumi kita.

    ReplyDelete
  11. Bumi ini sudah terjajah oleh manusia, namun manusia tidak menyadari apa yang diperbuatnya. Saran saya tolong kurangin efek rumah kacanya dan galakkan program sejuta pohon di Kalimantan(untuk di wilayah Indonesia) dan Amazon. Karena kedua wilayah itu sering disebut paru-paru dunia, jadi tolong jangan dirusak. Kita harus berusaha melakukan yang terbaik, paling tidak berusaha untuk memperbaiki sesuatu agar masih bisa melihat dunia ini lebih baik untuk masa depan, untuk anak cucu kita. Dan ketika kelak kita ‘ditanya’ maka kita bisa menjawab bahwa; “inilah usaha kami dan inilah kesalahan kami juga. Sudah saatnya masyarakat dunia mulai perduli tentang adanya pemanasan global untuk kelangsungan umat dunia di masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  12. Dampak pemanasan global sudah kita rasakan saat ini, memang sebagian besar pemanasan global disebabkan oleh manusia, namun tidak sepenuhnya juga manusia yang bersalah, mengingat usia bumi juga sudah tidak muda lagi. Nah oleh sebab itu maka alangkah baiknya kita sebagai manusia itu sendiri bisa merubah sikap kita, lebih mencintai bumi dengan cara tidak melakukan hal-hal yang dapat merusak bumi itu sendiri, kurangi efek rumah kaca, kurangi pembakaran2 yang menghasilkan gas yang dapat merusak lapisan atmosfer, jika itu bisa dilaksanakan, insyaallah kondisi bumi akan bisa lebih baik dari sekarang ini.

    ReplyDelete
  13. Pemanasan global yang terjadi di bumi ini memang tak luput dari campur tangan manusia. Kita sebagai penitip alam semesta ini oleh Allah SWT sudah seharusnya bersama-sama menjaga, memelihara dan merawat bumi ini. Bukan hanya untuk kelangsungan hidup kita tapi untuk generasi kita kedepannya. Sudah kewajiban kita untuk sadar betapa pentingnya menjaga bumi ini bersama-sama. Mungkin dengan cara merubah kebiasaan buruk kita, kita dapat memberi umur yg panjang bagi bumi ini.

    ReplyDelete
  14. pemanasan global dibuni kita sudah sangat memprihatinkan, semua ini bisa dibilang disebabkan oleh manusia, umat manusia kebanyakan hanya mementingkan dirinya sendiri, tanpa mementingkan alam di bumi , dampak dampak pemanasan global sudah dapat kita rasakan, lama kelamaan lapisan ozon dibumi akan semakin pudar bahkan bisa hilang apabila setiap manusia tidak mau merubahnya.

    ReplyDelete
  15. Pemanasan global terjadi disebabkan oleh ulah manusianya sendiri oleh kita sendiri,yang tidak punya kesadaran,yang mementingkan kehidupannya sendiri,tanpa melihat keihupan alam dan bumi kita ini.Saya sedih ketika melihat pohon-pohon atau hutan di bakar maupun ditebang untuk kepentingan pribadi dan untuk mengejar kekayaan duniawi,tanpa melihat kehidupan dimassa yang akan datang.

    ReplyDelete
  16. akan menjadi sebuah wacana saja kah ?? pertanyaanya adalah ::hal apa yang sudah kamu lakukan untuk bumi selama ini ?? mulai saja dari hal hal kecil untuk menanam pohon di pekarangan rumah ,atau jika tidak bisa berkontribusi langsung maka janganlah merusak apa yang sudah ada .. hidup bukan saja berdampingan dengan sesama manusia tapi juga dengan alam ..back to nature

    ReplyDelete
  17. kata-kata pemanasan global sudah tidak asing lagi di kuping kita,banyak orang hanya mengucap tetapi tidak ada tindakan sedikit pun untuk mencegah pemanasan global tersebut,contoh mulai dengan aksi menanam pepohonan di pinggir-pinggir jalan untuk mengurangi polusi udara,hal tersebut sudah bisa mencegah pemanasan global ...

    ReplyDelete
  18. Pemanasan Global disebabkan karena perilaku manusia sendiri. Tapi celakanya manusia masih saja tidak serius dengan program pengurangan gas-gas penyebab pemanasan global.
    Hutan yang berperan sebagai pencegah pemanasan global malah di bakar demi meraup keuntunagan sebagaian kelompok. Pemerintah pun terkesan lamban menangani kasus tersebut.

    ya semoga saja kita semua sadar dan segera memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi di bumi ini, dan semoga Tuhan masih memanjangkan umur bumi ini. Amin

    ReplyDelete
  19. pemanasan global terjadi karena kurang pedulinya manusia dibumi ini, padahal kita tinggal dinegara dengan hutan tropis yg besar bahkan negara negara maju pun bergantung kepada kita. dengan mengurangi konsumsi gas,bahan bakar, pembakaran hutan, dan penebangan ilegal maka akan mengurangi efek dari pemanasan global yg terjadi saat ini

    ReplyDelete
  20. Pemanasan Global memang sudah sering terdengar di telinga. Pemanasan global juga merupakan ulah dari manusia itu sendiri. Di dunia ini hutan yg berfungsi mencegah pemanasan global justru di tebang untuk kepentigan pribadi. Seharusnya kita sebagai umat manusia sadar untuk tetap menjaga bumi.

    ReplyDelete
  21. Pemanasan global sudah tidak asing di telinga setiap orang.sebenarnya itu semua akibat ulah kita sendiri,kita tidak bisa menjaga apa yang di titipkan tuhan kepada kita.contohnya sekarang kita bisa lihat semakin banyak gedung dan rumah kaca yang di bangun,tidak seimbang dengan upaya pencegahan yang kita lakukan...

    ReplyDelete
  22. Pemanasan global sangat lah berbahaya bagi lingkungan sekitar dimana pun dan berbahaya bagi manusia sendiri sebaiknnya kurangin pemanasan global tetapi saat ini masih belum ada untuk menanggunglangi untuk pemanasan global

    ReplyDelete
  23. Banyak sekali upaya untuk mengurangi pemanasan global tapi mudah sekali cara untuk membuat sesuatu yang berimbas kepada pemanasan global. Sekarang berbuat sesuatu mulai dari hal yang terkecil saja bisa membuat pemanasan global tanpa kita sadari maka dari itu harus dimulai dari kesadaran terlebih dahulu baru dari kesadaran akan timbul suatu usaha.

    ReplyDelete
  24. Efek pemanasan global sudah mulai kita rasakan seperti perubahan musim yang tak tentu, suhu udara yang terasa semakin panas juga bencana alam terjadi disekitar kita. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaikinya, sebagai generasi penerus sudah menjadi tugas dan kewajiban kita memperbaikinya. Bukan dengan hal besar yang sulit diwujudkan, tapi mulailah dari diri sendiri. Banyak hal kecil yang bisa kita lakukan untuk menjaga lingkungan seperti menghemat penggunaan air, menghemat kertas, meminimalkan penggunaan plastik dll yang biasa kita lakukuan sehari-hari. Mulailah melakukan perubahan, kalau bukan kita yang merubahnya siapa lagi????

    ReplyDelete
  25. Global Warming atau biasanya kita kenal dengan istilah pemanasan global merupakan menjadi masalah serius yang kita hadapi saat ini. Dan kita sedang merasakan dampaknya yaitu kenaikan suhu udara yang ada dibumi ini yang semakin meningkat. Manusi juga berperan dalam memperburuk kondisi ini sebab aktifiras sperti penguunaan AC, penguunann pewangi ruangan semprot, asap kendaraan juga dapat membuat lapisan ozon menipis. Sebaiknya kita harus mengurangi kegiatan tersebut dan memerhatikan lingkungan kita.

    ReplyDelete
  26. Lingkungan semakin rusak seiring dengan perkembangan zaman. Setelah terjadinya revolusi industri di berbagai negara, maka dimulailah produksi secara besar- besaran. Produk industri banyak yang membahayakan, contohya seperti hairspray dan penggunaan gas freon yang akan merusak lapisan ozon pada atmosfir dan berdampak pada pemanasan global. Volume hutan yang dapat menghambat pemanasan global saat ini sudah menipis, karena banyak hutan yang dirusak oleh manusia dan semakin banyaknya lahan yang dijadikan bangunan,industri,dan tempat-tempat wiraswasta lainnya. Perusakan lingkungan hidup oleh manusia akan berdampak bencana alam yang juga akan merugikan manusia.

    ReplyDelete
  27. Replies
    1. guss agus, singkat ,padat, dan gitu aja?

      Delete
  28. Pemanasan global memang saat ini tengah melanda bumi. Namun, penyebab sesungguhnya bukanlah berasal dari ulah manusia. Banyak sekali faktor-faktor yang menyebabkan naiknya suhu bumi. Banyak ilmuwan yang pada awalnya berpendapat bahwa naiknya kadar CO2 dalam atmosfer bumi sebanyak 30% selama 100 tahun terakhir adalah karena ulah manusia. Namun, pada kenyataannya, kenaikan kadar CO2 yang dibarengi dengan naiknya suhu bumi merupakan akibat dari kenaikan suhu laut yang disebabkan oleh meningkatnya aktivitas vulkanik dan tektonik dari dalam bumi. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan alam lah yang menjadi penyebab utama dari pemanasan global. Dengan kata lain, pemanasan global yang terjadi saat ini memang sudah menjadi kehendak dari alam.

    ReplyDelete
  29. Global warming atau biasa di sebut pemanasan global, terjadi akibat efek rumah, yaitu panas yang di hasilkan matahari kembali lagi ke awan.

    ReplyDelete
  30. kata-kata pemanasan global sudah tidak asing lagi di kuping kita,banyak orang hanya mengucap tetapi tidak ada tindakan sedikit pun untuk mencegah pemanasan global tersebut.

    ReplyDelete
  31. Kita bertanya pada diri kita sendiri, dari mana pengaruh kuat manusia terhadap alam ini berasal, dan menemukan bahwa hal itu muncul pada tingkat fisik, psikologis dan spiritual.

    ReplyDelete
  32. Pemanasan global adalah suatu masalah yang sangat serius bagi kehidupan manusia,tapi sayangnya manusia kurangbpeduli dengan pemanasan global itu sendiri. Walaupun manusia sering membuat iklan atau selebaran tentang pencegahan pemanasan global,tapi sikap manusia yang melihat iklan atau selebaran itu masih tetap saja acuh. Nuntuk menangani pemanasan global haruslah ada kesadaran pada setiap manusia yang ada dibumi. Dengan saling membantu pasti bisa mengurangi pemanasan global itu. Seharusnya pemerintah pun dapat mengeluarkan aturan yang tegas tentang penggunaan barang - barang yang dapat membuat terjadinya pemanasan global dan pemerintah seharusnya lebihbmenggenjot gerakan-gerakan untuk menangkal pemanasan global,seperti reboisasi dan pembuatan hutan kota. Selain itu masyarakat pun harus selalu mendukung upaya pemerintah itu agar sistem yang berjalan bisa membuahkan hasil untuk kita semua.
    Pada intinya adalah dibutuhkan kesadaran masyarakat tentang dampak pemanasan global,sehingga masyarakat bisa menjaga agar pemanasan global dapat diminimalisir.

    ReplyDelete
  33. dampak pemanasan global sudah sangat terasa bagi kita , semestinya setiap orang sadar akan betapa bahayanya pemansan global hal yang paling ditakuti akan pemanasan global apabila kutub utara mencair semua ekosistem dan kehidupan mungkin langsung punah .

    ReplyDelete
  34. Pemanasan global adalah salah satu pencemaran lingkungan yang akan berdampak besar terhadap kelangsungan hidup manusia,ini juga akibat olah manusia itu sendiri yang banyak mempergunakan rumah kaca,penggunaan gas yang tidak sesuai,dll

    ReplyDelete
  35. Pemanasan global memang sangat berdampak besar untuk kehidupan manusia,dan kita mau kesiapa lagi untuk menyalahkanya kalau bukan kita sendiri..

    ReplyDelete
  36. Pemanasan global memang selalu dikaitkan karna ulah manusia.Dari mulai hal yg kecil saja, kita sudah merusak alam maka dari itu mengapa sesuatu didunia ini sudah tidak terlihat baik lagi. Kita melakukan kebiasaan yg salah dan seluruh dunia melakukan itu maka pemanasan global langsung meluas. Hal yg kecil saja bisa merusak lingkungan, itulah mengapa kita perlu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Hidup bukan hanya untuk hari ini, masih banyak generasi penerus yg hidup dimasa yg akan datang. Kepedulian sangat perlu, jgn biarkan orang lain merasakan dampak yg seharusnya kita rasakan karna ulah kita sendiri.Mulailah dari hal kecil dengan menanam pohon di sekitar kita agar udara di sekitar kita lebih segar.

    ReplyDelete
  37. Sadar bahwa pemanasan global adalah sesuatu yang dapat menimbulkan berbagai macam efek di dunia. untuk itu kita sebagai manusia harus tau aspek dan impek yang terjadi bila kita mengerjakan sesuatu dan tau solusi yang akan terjadi. diketahui hutan adalah paru paru dunia, dimana banyak sekali fungsi hutan bagi alam, mencegahnya erosi, menyerap gas gas yang dikeluarkan oleh industri maupun kendaraan dsb. Adapun sebagai industri yang hendak didirikan harus dianalisis. analisis tersebut dinamakan AMDAL (Analisis Mengengenai Dampak Lingkungan) dari sini industri industri yang ada harus mempertanggungjawabkan segala aktivitas dan apa yg dikeluarkan oleh industri tersebut. Global Warming yang kita rasakan adalah perubahan cuaca yang tidak menentu yang diakibatkan efek dari rumah kaca atau banyaknya gedung gedung bertingkat yang memantulkan sinar ultra violet yang menyebabkan lapisan ozon yang ada diatmosfer semakin tipis, yang dampaknya kita rasakan yaitu cuaca terasa panas. Kembali lagi pada hutan, penebangan hutan yang terlalu tereksploitasi tidak mengimbangi dampak yang terjadi. salah satu langkah melindungi hutan yaitu reboisasi, mendaur ulang kertas kertas yang asal pembuatannya dari kayu, dan masih banya yg bisa kita lakukan untuk menyelamatkan hutan, dunia.

    ReplyDelete
  38. pemanasan global atau disebut global warming, merupakan sebuah gejala alam dimana lapisan lapisan atmosfir bumi menipis, akibat yang disebabkan ialah mencairnya kutub utara dan selatan, perubahan iklim yang tidak terikira

    ReplyDelete
  39. Efek rumah kaca yaitu penyebab terjadinya pemanasan global yang berakibat naiknya suhu pada permukaan bumi

    ReplyDelete
  40. Pemanasan Global diakbiatkan oelh gejala globalisasi dan efek2 seperti rumah kaca dan penggunan CFC yang berlebihan.

    ReplyDelete
  41. pemanasan Global atau disebut global warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. yang di akibatkan oleh efek rumah kaca,penebangan hutan. Sehingga iklim mulai tidak stabil, naiknya permukaan laut,suhu global cenderung meningkat,Dan gangguan ekologis.

    ReplyDelete
  42. Hidup bukan hanya untuk hari ini, masih banyak generasi penerus yg hidup dimasa yg akan datang. Kepedulian sangat perlu, jgn biarkan orang lain merasakan dampak yg seharusnya kita rasakan karna ulah kita sendiri.Mulailah dari hal kecil dengan menanam pohon di sekitar kita agar udara di sekitar kita lebih segar.

    ReplyDelete
  43. pemanasan global disebabkan karena hutan gundul..yaitu penebangan liar..yang menyebabkan proses meningkatnya suhu atmosfer..
    sehingga dapar mengganggu ekosistem tumbuhan..

    ReplyDelete
  44. Setelah memerhatikan begitu banyaknya dampak yang akan ditimbulkan dari efek rumah kaca, maka sudah selayaknya sebagai sesama penduduk bumi, kita saling bahu membahu berupaya untuk mencegah meluasnya pemanasan global supaya tidak semakin parah. yang paling utama adalah penyadaran masyarakat terhadap dampak dari global warming tersebut, pengarahan dan penyuluhan informasi harus terus dilakukan baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat.
    contoh yang bisa diterapkan untuk kalangan pelajar ialah kita bisa ajukan lomba yang bertema "green lifesyle", seperti : lomba air brush, karya tulis, pidato, dsb. dengan cara seperti ini kita bisa membuka wawasan kepada pelajar akan dampak global warming dengan metode yang menyenangkan.
    penyadaran terhadap masyarakat salah satu contohnya ialah penanaman sejuta pohon pada hari minggu sekaligus kerja bakti.

    sebenarnya ada banyak cara yang kita bisa lakukan untuk mengurangi sedikit demi sedikit efek dari gas rumah kaca walaupun tidak langsung sekaligus. kalau bukan kita, siapa lagi??, kalau tidak sekarang, kapan lagi ??

    ReplyDelete
  45. sukur tabah pamuji11/21/2014 6:03 PM

    Dampak dari pemanasan global sudah kita rasakan saat ini. Perubahan iklim yang ekstrem adalah salah satu yang paling terasa. Banyak manusia yang mengeluh akan hal ini. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini pun terjadi akibat dari ulah tangan manusia itu sendiri. Hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari bisa berdampak besar apabila hal tersebut juga dilakukan oleh hampir semua orang di bumi ini, seperti penggunaan AC, hairdryer, atau bahkan deodorant. Namun begitu, saat ini sudah banyak pula kesadaran manusia tentang kepedulian akan lingkungan. Dengan mengubah paling tidak sedikit saja kebiasaan yang dapat berdampak buruk untuk bumi kita dari setiap individu di dunia, tentu akan sangat berpengaruh untuk kelestarian bumi kita.

    ReplyDelete
  46. Kurangnya kesadaran dalam diri masing masing yg membuat satu banding seribu antara yg melestarikan lingkungan dengan yg tidak sayang dengan lingkungan , salah satu penyebab pemanasan global

    ReplyDelete
  47. Kurangnya kesadaran dalam diri masing masing yg membuat satu banding seribu antara yg melestarikan lingkungan dengan yg tidak sayang dengan lingkungan , salah satu penyebab pemanasan global

    ReplyDelete
  48. Kurangnya kesadaran dalam diri masing masing yg membuat satu banding seribu antara yg melestarikan lingkungan dengan yg tidak sayang dengan lingkungan , salah satu penyebab pemanasan global

    ReplyDelete
  49. @C25-DINI, TUGAS TC-05

    Tingkat kepedulian dan pengetahuan masyarakat Indonesia akan kelestarian lingkungan hidup masih sangat rendah, padahal semakin harinya bumi semakin rusak, dan manusia pun kebingungan dan bertanya mengapa bumi menjadi seperti ini? Setiap ada musibah/kejadian alam manusia seperti menutup mata dan menganggapnya fenomena alam. Tanpa sadar bahwa hal tersebut juga akibat ulah mereka sendiri. Mungkin aktvis-aktivis pecinta lingkungan harus turun langsung memberikan penyuluhan tentang kelestarian lingkungan hidup, dan para pelaku pengrusakan lingkungan harus ditindak setegas-tegasnya karena hal tersebut dapat mengancam kehidupan umat lainnya.

    ReplyDelete