.

Apr 23, 2013

Kota Sepak Bola Manchester

Oleh : Atep Afia Hidayat - Sebuah kota bahkan sebuah negara bisa menjadi terkenal hanya karena sepak bola. Beberapa negara di Amerika Selatan dan Afrika namanya terangkat dan menjadi populer, tidak lain karena talenta sebagian warganya dalam memainkan si kulit bundar tersebut. Beberapa nama negara seperti Uruguay, Brasil, Argentina, Chili, Paraguay, Ghana, Aljajair, Zambia, Mali dan Gabon selalu diidentikan dengan sepak bola.


Begitupun untuk kota, karena memiliki satu atau beberapa klub yang berprestasi dan bereputasi dalam liga nasional atau liga benua, maka namanya pun langsung meroket. Sebagai contoh Kota Manchester, sebuah kota yang relatif kecil di Inggris.

Manchester adalah sebuah kota atau distrik yang berkedudukan sebagai ibukota Greater Manchester (sebuah County atau setara dengan Kabupaten di Indonesia). Dalam hal ini “Kabupaten” Manchester sendiri termasuk Region (di Indonesia setara Provinsi) North West England, yang beribukota di Liverpool.  Selain Manchester, di Greater Manchester ada sepuluh distrik (kalau di Indonesia setara dengan Kecamatan) seperti Bolton, Wigan, Trafford dan sebagainya.

Beberapa nama di atas berkaitan dengan sepak bola, seperti Liverpool (sebagai ibu kota Region atau Provinsi) memiliki klub yang bermain di English Premier League, yaitu Liverpool FC. Berikutnya, Manchester  (sebagai ibu kota County atau Kabupaten) memiliki sekaligus dua klub yang saat ini bersaing di posisi satu dan dua English Premier League, yaitu Manchester United dan Manchester City. Masih ada lagi, yaitu Bolton dan Wigan (berstatus sebagai Distrik atau Kecamatan), memiliki klub sepak bola peserta English Premier League, yaitu  Bolton Wanderers  dan  Wigan Athletic. Ternyata masih ada lagi, yaitu Trafford, sebuah distrik atau kecamatan  menjadi tempat berdirinya salah satu stadion sepak bola terbesar di Inggris, Old Trafford yang berkapasitas 76 ribu tempat duduk, dan merupakan markas  Manchester United. Sedangkan Manchester City bermarkas di City of Manchester Stadium yang berkapasitas 48 ribu tempat duduk.

Kota Manchester
Keberadaan dua klub sepak bola raksasa Eropa, yaitu Manchester United dan Manchester City jelas membuat kota seluas 115,65 km2 (bandingkan, Kota Bandung di Indonesia memiliki luas 167,67 km2 ) dan berpenduduk hampir 500 ribu jiwa (tahun 2011) menjadi sangat terkenal (bandingkan Kota Bandung berpenduduk hampir 2,4 juta jiwa (tahun 2010). Dengan demikian, Manchester tidak lebih luas dari Kota Bandung, dengan penduduk hanya satu per lima dari Kota Bandung.

Manchester merupakan salah satu kota tertua di Inggris, mulai dibangun pada abad pertama masehi, tepatnya tahun 79, mulai menyandang status resmi sebagai kota mulai tahun 1853.  Awal pertumbuhan Manchester dipicu oleh terjadinya revolusi industri pada awal abad ke 19, dengan industri tekstil yang menjadi andalan, urbanisasi pun terus meningkat. Manchester juga tercatat sebagai  kota pertama di dunia yang memiliki stasiun kereta api.

Manchester  merupakan awal  di mana para ilmuwan mulai mampu memisahkan atom, sebagai mana diketahui John Dalton (1766-1844) yang merupakan seorang guru SMU di Manchester,  terkenal karena teori dan perumusannya tentang atom, sebagaimana dikemukakannya dalam buku “New System of Chemical Philosophy”. Dalam perkembangan pemograman komputer Manchester juga mencatat sejarah penting.

Meskipun hanya berpenduduk sekitar 500 ribu jiwa, namun Manchester tercatat sebagai kota ketiga yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing, yaitu setelah London dan Edinburgh. Sebagai catatan jumlah penduduk Kota London sudah melampaui 7,5 juta jiwa (sekitar 15 kali jumlah penduduk Kota Manchester). Sedangkan jarak antara London dengan Manchester mencapai 257 km (mendekati jarak Jakarta – Bandung).

Manchester merupakan kota yang majemuk, menurut catatan Wikipedia,  62,4 persen penduduk menganut Kristiani, sekitar 9,1 persen Muslim, dan penganut berbagai agama atau kepercayaan lainya masing-masing sekitar satu persen. Selain itu populasi Kota Manchester terdiri dari sekitar 81 persen orang kulit putih, 9,1 persen keturunan Asia dan 4,4 persen keturunan Afrika. 

Itulah sekilas Kota Manchester,  sebuah kota yang tidak besar namun begitu mendunia, terutama karena kontribusi sepak bola. Lebih jauh silahkan kunjungi situs resmi Kota Manchester, galeri foto Kota Manchester  dan peta Kota Manchester.  (Atep Afia).

3 comments:

  1. Maaf, tetapi menurut saya kota sepak bola di Inggris Raya adalah London.
    Sejatinya sebuah kota memiliki dua klub di daerahnya, namun London muncul sebagai kota fantastis yang melahirkan tujuh klub sekaligus di dalam kawasannya. Juga tidak ketinggalan, berdiri pula tujuh stadion megah yang ada disana. Dengan kawasan seluas 4.761/km², London sanggup membagi dengan rapi ketujuh stadion untuk tujuh klub yang bebeda tersebut.
    Ada berapa klub yang anda ketahui di London? Jawabannya adalah tujuh klub, yaitu Chelsea, Arsenal, Tottenham Hotspurs, West Ham United, Fulham, Queens Park Ranger dan Charlton Athletic.
    Jadi terlepas dari prestasi ketujuh klub tersebut, kota sepak bola adalah London

    ReplyDelete
  2. Ivan Pratama Syawal
    @21-Ivan TUGAS TC05

    Artikel diatas bisa kita simpulkan bagaimana sepak terjang Manchester dari dibentuknya kota tersebut pada tahun 1853 sampai sekarang yang terkenal oleh pemain sepak bola tersebut .

    ReplyDelete
  3. Satriana NOva @B18-Nova

    Manchester merupakan kota tua yang dijadikan contoh untuk daerah daerah sekitarnya, manchester memiliki beberapa klub yang berprestasi dan bereputasi dalam liga nasional atau liga benua dalam bidang PErsepak bolaan.

    ReplyDelete