.

Apr 25, 2013

Tebar Kasih Sayang Setiap Saat

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kasih sayang ada harinya ? Lho kok aneh betul. Padahal setiap hari adalah hari kasih sayang, bahkan setiap detik, setiap kita ketemu keluarga, saudara, kerabat, tetangga, teman, bahkan siapapun wajib menebar kasih sayang. Semoga engkau mendapat keselamatan, kasih sayang dan berkah, itulah do,a yang kita sampaikan, setiap kali kita ketemu saudara kita, kapanpun dan di manapun.

Anak-anak muda dengan berbagai caranya memperingati hari kasih sayang. Stasiun televisi tidak ketinggalan, memutar acara-acara dan film-film bertemakan kasih sayang. Padahal harusnya itu setiap hari. Jangan hari-hari lainnya diisi dengan acara yang miskin kasih sayang.

Sebenarnya kepanpun dan kepada siapa pun kita wajib menebar kasih sayang, jangankan kepada sesama umat manusia, kepada hewan, tumbuhan dan komponen lingkungan lainnya kita wajib memberikan kasih sayang. Adakah di sekitar tempat tinggal, tanaman yang merana tidak terurus, coba beri pupuk, sirami dengan tulus, itulah kasih sayang. Ketika kita sedang berjalan di suatu tempat, tiba-tiba ada kucing kurus dengan suara parau yang memilukan, berilah ia makanan dengan ikhlas, itulah kasih sayang.

Apalagi terhadap sesama manusia, terlebih terhadap orang tua. Berilah kasih sayang secara maksimal, apa kebutuhannya, apa keinginannya, baik yang terucap maupun yang tidak terungkap, cukupilah. Pantaulah setiap saat kondisi mereka, apalagi kalau sudah uzur. Mmamaaah, Papaapaaahh,…… semoga engkau selalu dalam lindunganNya. Kalau sudah pergi untuk selamanya…. semoga engkau berada ditempat yang nyaman, disisiNya. Orang tua, utamakanlah. Apalagi ibu,… ibumu, ibumu, ibumu baru ayahmu.

Kalau sudah berkeluarga, beristri atau bersuami dan punya anak yang lucu-lucu, berilah kasih sayang setiap saat dengan ikhlas. Rayakanlah hari kasih sayang setiap detik, seterusnya tanpa henti. Karena pada dasarnya manusia berasal dari rahim seorang ibu, dan rahim sendiri artinya kasih sayang. Ada istilah Silaturahim, artinya menyambungkan tali kasih sayang, jangan terputus. (Atep Afia)

6 comments:

  1. Memurt saya kasih sayang merupakan sikap kepedulian kita kepada siapa pun. Kasih sayang disini dalam konteks saling menyayangi sesama umat manusia. Allah SWT sangat menyukai perdamaian. Maka dari itu terapkanlah hidup penuh kasih sayang. Agar dunia ini penuh dengan kedamaian.

    ReplyDelete
  2. Manusia jaman sekarang sudah tidak terlalu mementingkan arti kasih sayang. Mereka selalu menyendiri. Banyak yang tidak peduli atau bahkan banyak orang tua yang sudah tidak sayang lagi terhadap anaknya. Buat apa adanya hari kasih sayang itu? Kasih sayang itu memang harus disebar keseluruh orang sekitar kita setiap detik, setiap saat. Karena kita hidup tidak sendiri maka kita harus saling menyayangi satu sama lain. Saling menyayangi tidak selalu harus memiliki. Cukup dengan memberi perhatian dan perduli itu merupakan wujud dari kasih sayang. Semoga kita bisa menyadari bahwa sangat penting arti kasih sayang itu untuk kita dan orang lain agar kita bisa hidup damai dan tentram.

    ReplyDelete
  3. menurut saya kasih sayang adalah gambaran mengenai hati yang tidak mementingkan dirinya sendiri dan memberikan perhatian penuh pada sebagian/seluruh orang tanpa memandang status sosial,kehidupan dan memiliki rasa puas bila mampu membantu orang lain tanpa pamrih sedikitpun. kasih sayang,membuat hidup banyak orang menjadi lebih bermakna dan berwarna.

    ReplyDelete
  4. Kasih sayang itu diibaratkan seperti silahturahmi yang artinya sesama manusia itu tidak boleh hubungan silahturahminya putus apalagi kepada orang-orang terdekat kita. Sama seperti kasih sayang yang harus ditanamkan pada diri kita agar hidup ini indah dan tentram. Bisa dibayangkan jika kita hidup individualis (sendiri) hidup ini akan penuh dengan kebencian satu sama lain, karna manusia itu adalah makhluk sosial yang hidupnya selalu membutuhkan bantuan dari orang lain. Maka dari itu tumbuhkanlah kasih sayang kita terhadap Allah SWT dan sesama umat manusia.

    ReplyDelete
  5. kasih sayang merupakan ungkapan kita terhadap sesuatu yang kita sayangi,, kita sebagai manusia harus memiliki rasa kasih sayang terhadap semua makhluk ciptaan Allah,, tidak hanya sayang kepada manusia saja tetapi juga sayang kepada hewan, tumbuhan, lingkungan dan lain sebagainya. Allah sangat menyukai apabila umatnya hidup dengan rasa kasih sayang maka dari itu marilah kita tumbuhkan rasa kasih sayang disetiap waktu yang kita jalani.

    ReplyDelete
  6. berbagai cara dapat dilakukan untuk mengungkapkan kasih sayang entah terhadap sesama maupun kepada segala sesuatu yang ada didunia. Inti dari kasih sayang adalah rasa syukur terhadap apa yang masih bisa kita lihat dan rasakan keberadaannya sampai saat ini.
    Terimakasih

    ReplyDelete