.

Nov 5, 2015

1000 Kota Di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari puluhan ribu desa dan ribuan kota, tersebar dari ujung paling barat Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) sampai ujung timur Provinsi Papua. Desa-desa mengalami agomerasi sehingga terbentuklah kota kecil, kemudian kota sedang, kota besar, metropolitan dan akhirnya megapolitan. Sebagai gambaran desa-desa di kawasan Kabupaten Tangerang sebelah tenggara, saat ini sudah menjelma menjadi sebuah metropolitan baru yang dikenal dengan Kota Tangerang Selatan (Tangsel). 


Terdapat klasifikasi kota secara numerik, yaitu  :


Kota kecilberpenduduk antara 20.000 s.d. 50.000 orang. Umumnya berstatus ibukota kecamatan.
Kota sedangberpenduduk antara 50.000 s.d. 100.000 orang.
Kota besarberpenduduk antara 100.000 s.d. 1.000.000 orang.
Kota metropolitanberpenduduk antara 1.000.000 s.d. 5.000.000 orang.
Kota megapolitanberpenduduk lebih dari 5.000.000 orang.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik (2010)  terdapat  ribuan kecamatan yang berpenduduk di atas 20.000 jiwa. Dengan demikian banyak kecamatan yang masih di bawah kendali daerah otonomi kabupaten, yang sudah menjadi sebuah kota kecil, kota sedang, bahkan kota besar. Selain itu ada 100-an kota yang sudah berstatus otonom.


Mari kita telusuri keberadaan hampir 1.000 kota yang ada di Indonesia melalui info-kotakita.

3 comments:

  1. Perkembangan desa- desa yang menjadi kota kecil kemudian berkembang lagi menjadi kota besar ditunjang oleh perkembangan di daerah tersebut. Seperti dengan kemajuan perekonomian akibat keberadaan titik industri, titik perdagangan yang membuka peluang ekonomi masyarakat dan berdampak terhadap hidupnya fasilitas maupun tingkat kehidupan masyarakatnya. Seperti dengan perekonomian masyarakat yang baik, kemudian masyarakat menjadi konsumtif. Hal tersebut membuat beberapa pihak membuka titik pasar, yayasan pendidikan, dsb. Hal ini pun menjadi daya tarik terhadap lingkungan sekitar untuk berdiam di daerah tersebut, akibatnya semakin besar jumlah populasi penduduk di daerah tersebut. Namun mirisnya, dengan perkembangan yang sedemikian baiknya, kondisi ekonomi dan pendidikan di kota seluruh Indonesia masih sangat belum merata.

    ReplyDelete
  2. @A18-ARDHIKA
    ARDHIKA NUGRAHA

    Memang seharusnya pemerataan terjadi di kota-kota Indonesia lainnya apalagi yang berada di pedalaman. Sulit memang jika mewujudkan hal tersebut. Tetapi jika itu benar-benar terjadi maka tingkat perekomnomian di Indonesia akan meningkat dan kesejahteraan rakyat pun akan meningkat

    ReplyDelete
  3. @A07-AKRAM
    Perkembangan desa-desa sekarang ini memang harus di perhatikan karena sangat berdampak pada masyarakat yang tinggal di desa itu, harus ada perubahan dari sekarang.

    1000 Kota Di Indonesia

    ReplyDelete