.

May 18, 2015

Sebaran Suku Jawa Di Indonesia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Berdasarkan Sensus Penduduk 2010 (SP 2010) oleh Badan Pusat Statistik diperoleh data jumlah penduduk Indonesia 236.728.379 jiwa tersebar di 33 provinsi yang ada (saat ini telah menjadi 34 provinsi, yaitu dengan tambahan Provinsi Kalimantan Utara). Dalam SP 2010 BPS mengelompokan suku bangsa di Indonesia menjadi 31, salah satu di antaranya Suku Jawa. Dalam kelompok Suku Jawa selain Suku Jawa sendiri juga meliputi Suku Osing/Using, Tengger, Samin, Bawean/Boyan, Naga, Nagarog dan suku lainnya. Sebagai catatan, selain Suku Jawa  Pulau Jawa pun menjadi tempat asal Suku Betawi, Suku Asal Banten (Banten, Baduy), Sunda, Cirebon dan Madura.

Berdasarkan SP 2010 jumlah Suku Jawa mencapai 95.217.022 jiwa atau sekitar 40,22 persen dari penduduk Indonesia. Keberadaan Suku Jawa tersebar di 33 provinsi, dengan kisaran antara 35 ribu jiwa (Gorontalo) sampai 31,56 juta (Jawa Tengah). Dengan urutan paling banyak berturut-turut Provinsi Jawa Tengah (31,56 juta), Jawa Timur (30,03 juta), Jawa Barat (5,71 juta), Lampung (4,86 juta), Sumatera Utara (4,32 juta), DKI Jakarta (3,45 juta), DI Yogyakarta (3,33 juta), Sumatera Selatan (2,04 juta), Banten (1,66 juta), Riau (1,61 juta), dan Kalimantan Timur (1,07 juta).

Sebaran di provinsi lainnya di bawah satu juta sampai di atas  500 ribu jiwa berturut-turut Jambi dan Kalimantan Selatan;  Di bawah 500 ribu jiwa sampai di atas 250 ribu jiwa berturut-turut Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Kepulauan Riau, Aceh, Bengkulu dan Bali; Di bawah 250 ribu jiwa  sampai di atas 100 ribu jiwa berturut-turut Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sumatera Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Bangka Belitung; serta yang di bawah 100 ribu jiwa berturut-turut  Maluku, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku Utara dan Gorontalo.

Sedangkan komposisi jumlah Suku Jawa dengan suku lainnya di setiap provinsi sangat bervariasi, yaitu antara 1,16 persen (Nusa Tenggara Timur) sampai 97,46 persen (Jawa Tengah).  Keberadaan Suku Jawa di Jawa Tengah sangat dominan, yaitu 97,46 persen berarti suku lainnya yang bermukim di Jawa Tengah sekitar 2,54 persen. Berikutnya di DI Yogyakarta (96,35 persen), Jawa Timur (80,10 persen) dan Lampung (63,84 persen).

Beberapa provinsi dengan komposisi Suku Jawa di bawah 35 persen dan di atas 20 persen berturut-turut DKI Jakarta, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Bengkulu dan Kalimantan Tengah. 

Provinsi dengan komposisi Suku Jawa di bawah 20 persen dan di atas 10 persen berturut-turut Banten, Papua Barat, Kalimantan Selatan dan Jawa Barat. Provinsi dengan komposisi Suku Jawa  di bawah 10 persen dan di atas lima persen berturut-turut Kalimantan Barat, Bali, Aceh, Sulawesi Tengah, Bangka Belitung, Papua, Sulawesi Tenggara dan Maluku.

Provinsi dengan komposisi Suku Jawa di bawah lima persen berturut-turut Sulawesi Barat, Sumatera Barat, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Lantas bagaimana keberadaan Suku Jawa di Pulau Jawa ? Berdasarkan SP 2010 jumlah penduduk Pulau Jawa 136.610.590 jiwa atau sekitar 57.71 persen dari jumlah penduduk Indonesia,  tersebar di Provinsi Jawa Barat (31,52 persen), Jawa Timur (27,43 persen), Jawa Tengah (23,70 persen), Banten (7,78 persen), DKI Jakarta (7,03 persen)  dan DI Yogyakarta (2,53 persen). Dari jumlah penduduk sebanyak itu, sekitar 55,44 persen di antaranya merupakan Suku Jawa, dengan kisaran setiap provinsi antara 13,27 persen (Jawa Barat) sampai 97,46 persen (Jawa Tengah).

Jumlah Suku Jawa di seluruh Indonesia mencapai 95.217.022 jiwa, dengan perincian yang bermukim di Pulau Jawa 75.732.945 jiwa atau sekitar 79.54 persen, selebihnya 19.484.577 jiwa  atau 20,46 persen bermukim di provinsi lain di luar Jawa.

Sumber :


10 comments:

  1. Suku jawa memang tersebar luas dan sangat merata di Indonesa, jadi sudah bukan hal umum lagi ketika kita mendapati mereka di daerah manapun di Indonesia. Berbicara tentang penyebaran suku jawa, ternyata suku jawa selain terkenal di Indonesia, suku jawa juga sangat terkenal di dunia, contohnya Bahasa Jawa ada di Google Translate. Dari semua bahasa dari setiap suku di Indonesia, hanya bahasa jawa saja yang ada di daftar Google Transate. Tak pelak, karena ini, bahasa jawa akhirnya bisa di terjemahkan ke dalam banyak bahasa bersanding dengan bahasa Indonesia dalam aplikasi yang di buat google tersebut. Dengan terobosan ini maka budaya bahasa jawa semakin dikenal luas oleh dunia.

    ReplyDelete
  2. Persebaran suku Jawa di Indonesia secara merata terjadi karena salah satu tradisi yang dianutnya adalah merantau untuk mencari ilmu dan karier kemanapun sampai berhasil. Merantau sudah bukan lagi hal yang awam bagi suku Jawa, bahkan banyak orang Jawa rantauan yang memutuskan untuk menetap di daerah lain dan menikah dengan orang Jawa lainnya yang juga menetap di daerah tersebut, hal ini lah yang menjadikan mengapa suku Jawa semakin banyak menyebar di Indonesia. Hal ini baik untuk kita contoh agar jangan bersikap manja dan diam di kandang kampung halaman, tetapi juga harus berani mencari kesuksesan dimanapun.

    ReplyDelete
  3. penyebaran suku jawa itu sangat amat meluas di indonesia. bahkan bisa dibilang di setiap pulau di indonesia terdepat suku jawa didalamnya. atau bahkan presiden di negara ini lebih banyak ras jawa, ini menunjukan bagaimana dominannya ras jawa di indonesia. dari pedagang kaki lima hingga kepala negara ada suku jawanyan bahkan ada kepulauan di amerika selatan yg di dominasi oleh suku jawa.

    ReplyDelete
  4. Penyebaran suku jawa sangatlah luas,suku jawa tidak hanya di pulau jawa saja di pulau lain selain pulau jawa pun ada yang asli suku jawa,mungkin tidah hanya di pulau-pulau di indonesia saja suku jawa di sebarkan,mungkin di luar negeri sana ada orang yang asli suku jawa dan menetep tinggal di sana dan secara tidak langsung pasti turun keturunannya mengalir darah suku jawanya.

    ReplyDelete
  5. wah, ternyata suku jawa banyak banget

    ReplyDelete
  6. hampir separo penduduk indonesia adalah suku jawa

    ReplyDelete
  7. sebagian besar rakyat indonesia adalah suku jawa, semoga dimanapun berada selalu membawa kedamaian

    ReplyDelete
  8. budaya jawa sudah menjadi warisan dunia dan indonesia

    ReplyDelete
  9. Junitadahra
    @A08-JUNITA

    Ternyata memang penyebaran penduduk terbesar di berbagai daerah Indonesia memang dari suku jawa.

    ReplyDelete