Apr 23, 2013

Ngetop Karena Teknologi Informasi

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kecanggihan teknologi informasi (IT) kembali mengangkat hal yang biasa menjadi luar biasa, sehingga menjadi sesuatu yang fenomenal. Setelah sebelumnya muncul fenomena Keong Racun dan Briptu Norman, kini dunia hiburan Indonesia disibukkan dengan kemunculan Ayu Ting Ting. Siapa Ayu Ting Ting, bagaimana bisa hanya dalam hitungan pekan namanya begitu meroket, sehingga berbagai media cetak, elektronik dan online begitu intensif menyototinya. 

Wajah Ayu Ting Ting yang imut-imut dan ngetop karena hitsnya “Salah Alamat” setiap hari tampil di layar kaca. Halaman surat kabar dan majalah, baik yang terbit di Jakarta atau kota-kota lainnya menyajikan reportase kesuksesannya, begitu pula media online terkemuka seperti Vivanews dan Detik.com berita selebritisnya banyak menampilkan Ayu Ting Ting.

Kalau dicermati fenomena Ayu Ting Ting merupakan perpaduan antara kecanggihan teknologi informasi, penampilan dan suara merdunya, serta lagu dangdutnya dengan lirik sederhana dan mudah dicerna, serta tentu saja orang-orang di balik pencapaian kesuksesannya. Kemunculan Ayu Ting Ting tidak terlepas dari  apa yang dinamakan ring back tone (RBT) “Alamat Palsu”.

Menurut catatan Wikipedia, RBT atau nada sambung pribadi (NSP) adalah suara yang diperdengarkan di jalur telepon oleh pihak penelepon setelah selesai melakukan pemanggilan dan sebelum panggilan dijawab oleh pihak yang dihubungi.

Selanjutnya dijelaskan, versi personal dari nada sambung disebut nada sambung pribadi. Nada sambung pribadi ini menjadi fenomena khusus di Indonesia mengingat produk ini harus dibayar oleh pelanggan telepon selular tanpa bisa mendengarkannya sendiri dan pihak pemanggil justru yang menikmati suara dari nada sambung tersebut.

Wikipedia juga menyebutkan, fenomena ini juga telah menjadi penyelamat industri musik di Indonesia ditengah meningkatnya pembajakan rekaman lagu. Nada sambung yang memperdengarkan lagu ini tidak bisa dibajak karena ditempatkan pada mesin dari operator telepon selular. Pada perkembangannya nada sambung pribadi ini selain dimanfaatkan oleh industri musik juga digunakan oleh berbagai pihak untuk promosi dan himbauan.

Dengan demikian, ketika terjadi koneksi telepon seluler makan  akan terdengan nada sambung berupa suara Ayu Ting Ting yang mendayu-dayu, ”Ke mana ke mana ke mana…  Kuharus mencari ke mana…  Kekasih tercinta tak tahu rimbanya…  Lama tak datang ke rumah…..” dst.

Model pemasaran lagu “Salah Alamat” melalui RBT dan televisi, ternyata begitu efektif dalam “menghipnotis” masyarakat untuk mengunduhnya ke dalam ponsel pribadinya. Di sisi lainnya, performa mahasiswi Universitas Guna Darma, Depok, berusia 19 tahun tersebut, juga sangat memikat produser berbagai acara di televisi, maka sebagaimana Keong Racun (Sinta dan Jojo) yang asal Cimahi dan Briptu Norman yang asal Gorontalo, kehadiran Ayu Ting Ting pun kerap mewarnai beragam acara paling populer berbagai stasiun televisi. Selain tampil sebagai penyanyi, Ayu Ting Ting pun didaulat sebagai presenter, bahkan bersiap masuk dunia sinetron.

Beragam sistem dan perangkat teknologi informasi terus melambungkan nama Ayu Ting Ting. Mesin pencari Google, sampai dengan pukul 08.30, Rabu, 5 Oktober 2011, sudah mencatat 2.540.000 hits; Yahoo 612.000 hits, pada Yahoo OMG termasuk dalam pencarian popular nomor dua; Youtube yang menyajikan hits  “Alamat Palsu” sudah dikunjungi 566.135 orang. Begitu pula di berbagai situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, nama Ayu Ting Ting menjadi trending topics.

Itulah teknologi informasi, kinerjanya dalam melambungkan nama seseorang bisa begitu dahsyat. Nama-nama yang mendunia seperti Barack Obama dan Oprah Winfrey tidak terlepas dari kepiawaian dirinya atau orang di belakangnya dalam memanfaatkan setiap sistem dan perangkat teknologi informasi.

Ayu Ting Ting dengan multitalenta serta daya tarik yang dimilikinya, saat ini melesat bagai meteor, langsung menempati papan atas dunia selebritis Indonesia. Tak heran  jika ada yang memberitakan tariff per penampilannya sudah Rp. 30 juta per sekali pentas, ada juga yang mengatakan Rp. 30 juta per setengah jam ? Luar biasa. “ Ke sana ke mari membawa alamat … Namun yang kutemui bukan dirinya ….  Sayang yang kuterima alamat palsu… “ dst. (Atep Afia).


11 comments:

  1. @B16-KRISNA, TB05 perkembangan teknologi memang sangat berbengaruh bagi semua aspek kehidupan.

    ReplyDelete
  2. @C19-HILMAN, TC05

    Dalam artikel ini, saya dapat menyimpulkan bahwa setiap teknologi dapat membuat kita maju jika kita tahu cara menggunakannya tepat. Dalam conteks ini, Ayu ting-ting totalitas dalam menjalaninya kariernya. Bukti nyatanya, kita semua tahu banyak artis yang cepat menghilang dalam dunia industri hiburan ketika muncul artis baru yang lebih kreatif lagi. Dalam hal ini, saya dapat menyimpulkan ketenaran ayu ting-ting memang layak diperhitungkan karena dia memiliki kualitas yang dapat membuatnya bertahan dalam dunia industri hiburan.

    ReplyDelete
  3. @D14-Raafi,@Tugas A05
    Tekhnologi memang tidak ada akhirnya , selalu berkembang dan selalu ada kemajuan , mengiringi perkembangan jaman

    ReplyDelete
  4. Hendrik Milion Silaen
    @E16-Hendrik, @Tugas B05

    Teknologi semakin hari semakin canggih. Salah satu contoh orang yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi canggih adalah Ayu Ting Ting. Nama dan karirnya begitu cepat melambung ke dunia hiburan Indonesia. Kepopularitasan Ayu Ting Ting tidak lepas dari teknologi informasi yang canggih. Jadi dalam artikel di atas tersebut saya mengambil kesimpulan bahwa teknologi informasi yang canggih dapat merubah sesuatu yang tidak diduga-duga bisa nyata membuat jadi populer dan dikenal cepat oleh orang banyak. Sedikit masukan saran buat kita yang menggunakan teknologi canggih untuk lebih digunakan ke hal-hal yang lebih positif dan membangun.

    ReplyDelete
  5. ANDES DWI SAPUTRA 41616110016-KWU SENIN

    Sedikit kontra dengan adanya teknologi saat ini apalagi membahas tentang "terkenal secara kilat melalui teknologi". Di Indonesia saat ini jika seseorang membuat suatu hal yang "aneh" seketika viral dan terkenal dan membuat seseorang itu menjadi terkenal. So be smart yang kita butuhkan itu sesuaty yang berkualitas bukan hanya di lihat dari segi keuntungan kita juga butuh pengetahuan, ilmu ataupun hal hal yang baik lainnya. Berkaca dari negara lain mereka memakai teknologi dengan baik, contohnya seperti untuk promosi penjualan album atau apapun itu dan di kemas secara apik bukan dengan sesuatu yang "aneh" untuk mencari viewers dan mendapat keuntungan. Jadilan pengguna dan penikmat teknologi yang baik negara kita perlu sesuatu yang positif bukan sesuatu yang memberi dampat buruk untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  6. A Eka Pratiwi 43116120035 -KWU KAMIS

    Teknologi informasi sudah bukan hal yang aning lagi di telinga kita sekarang ini terutama dengan berkembangnya social media. Orang-orang berbondong bondong untuk upload photo ataupun video ntah alasan mereka apakah hanya untuk iseng ataupun memang karena ingin terkenal. Salah satu orang yang terkenal karena TI adalah Ayu Ting Ting. Sebenarnya teknologi ini jika digunakan secara tepat dapat bermanfaat ke semua orang, tidak hanta meng-upload hal hal yang tidak penting ataupun hoax. Seperti contohnya ingin memasarkan barang, dulu kita menggunakan pamflet untuk memberitahu jika toko baru buka ataupun ada barang baru. Sekarang dengan kemajuan teknologi, kita bisa promosi di dunia maya superti halnya yang paling trend saat ini adalah dengan endrose ke selebgram/influencer/artis. Seperti yang saya katakan sebelumnya, pergunakan teknologi dengan benar, karena ingat, apa yang sudah kita upload/tulis di internet itu tidak dapat kita hapus dan kelak anak cucu kita bisa melihat nya dan jg privacy kita jg akan makin berkurang. Mari kita gunakan teknologi secara bijak dan positif yang dapat membangun bangsa dan berguna untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  7. Dhea kusumawardhani - 41216110078 KWU Kamis

    menurut saya, jaman sekarang teknologi memang semakin maju. hingga sudah banyak orang yang terkenal hanya dari membuat rekaman, vidio , foto, yang diunggah di medial social dll. karena sekarang sudah tidak sulit lagi untuk berkoneksi dengan berbagai negara sehingga apa yang kita post sering mendapat respond baik/buruk dari semua orang di berbagai negara sehingga itu menjadi salah satu dampak berkembangnya teknologi. sebenarnya kemajuan teknologi itu memberikan banyak hal positif jika kita menggunakan tidak untuk merusak/mencemarkan media social. namun hal lainnya karena kita sangat mudah menjadi dilihat orang, lebih baik untuk memposting sesuatu yang memang membawa dampak baik bagi semua orang sehingga dari diri kitapun dikenal sebagai orang yang positif dan kita terkenal dalam hal yang positif agar bisa lebih mendapatkan fit back yang positif dari orang banyak juga. lebih baik untuk lebih dipikirkan apabila akan mengupload sesuatu yang akan disebar di social media karena bisa menjadi hal baik maupun hal buruk untuk kita dan orang lain.

    ReplyDelete
  8. Ryan febriyanto-41116110085-kwu 1-kamis
    Artikel ini dibuat tahun 2013,dan itu baru ayu ting ting kalau di catat sampai sekarang tahun 2018 banyak sekali orang yang ngetop karena IT yang paling baru dan paling terkini mungkin adalah "mpok alpha" dia membuat video pendek dan viral dimana-mana sekarang bahkan dia di tawari kontrak bermain di sitkom salah satu televisi swasta indonesia .begitu gampangnya ya mencari popularitas ? Namun jangan salah justru IT jika kita tidak pandai dan bijak menggunakanya akan jadi boomerang buat kita.

    ReplyDelete
  9. Dwi Prastika-43117110345-KWU Kamis

    Saat ini kecanggihan teknologi informasi memberikan banyak ruang bagi kita untuk berkreatifitas.
    Bahkan dari sebuah ketidaksengajaan banyak kisah sukses yang berawal dari kecanggihan IT ini, sebagai contoh Ayu Ting-ting tersebut.

    Namun, semakin kesini jika melihat fenomena yang terjadi di masyarakat. Kecanggihan teknologi informasi ini, tidak saja digunakan untuk berkreatifitas dalam hal yang positif. Tetapi juga menjadi tempat penyebaran informasi negatif yang bisa menyebar dengan cepat dan luas, tanpa bisa dipertanggungjawabkan kontennya.

    Karena saat ini, muncul berbagai aplikasi yang bisa dengan mudah diakses oleh masyarakat. Hingga banyak masyarakat yang menggunakannya untuk sekedar mencari sensasi semata.

    Maka menurut saya, masyarakat kita butuh pendidikan atau sharing wawasan untuk mampu bersikap dewasa dan bijak dalam menggunakan teknologi informasi. Serta diarahkan untuk lebih produktif menyebarkan kebaikan dan kebermanfaatan.

    Sekian dan terimakasih

    ReplyDelete
  10. Sita Amaliasari 43116120056- KWU Kamis

    Menurut saya perkembangan tekhnologi tidak ada habisnya. Di sisi positif nya banyak yang ngetop berkat perkembangan tekhnologi ini. Namun sangat disayangkan beberapa bahkan banyak orang ngetop lewat sosmed dengan cara yang instan tanpa ada nya prestasi yang dibawa. Hal ini menyebabkan ngetop dengan cara instan seperti keong racun diatas bukan lah hal yang dapat bertahan lama di dunia entertain ini. Malah baru-baru ini sedang tren kontroversi tayangan alay di Tv. Sangat disayangkan sekali perkembangan tekhnologi tidak memberi dampak baik bagi para penontonya. Apalagi untuk anak-anak dibawah umur. Saya berharap adanya kesadaran para pelaku entertain dalam dunia hiburan untuk memberikan tayangan yg lebih bermanfaat dan lebih mendidik.
    Maka dari itu kita wajib untuk men-sharing mana yang bermanfaat bagi kita dan mana yang tidak bermanfaat. Pengetahuan tentang tekhnologi juga perlu kita pelajari agar tidak salah dalam menggunakannya

    ReplyDelete
  11. Sita Amaliasari 43116120056- KWU Kamis

    Menurut saya perkembangan tekhnologi tidak ada habisnya. Di sisi positif nya banyak yang ngetop berkat perkembangan tekhnologi ini. Namun sangat disayangkan beberapa bahkan banyak orang ngetop lewat sosmed dengan cara yang instan tanpa ada nya prestasi yang dibawa. Hal ini menyebabkan ngetop dengan cara instan seperti keong racun diatas bukan lah hal yang dapat bertahan lama di dunia entertain ini. Malah baru-baru ini sedang tren kontroversi tayangan alay di Tv. Sangat disayangkan sekali perkembangan tekhnologi tidak memberi dampak baik bagi para penontonya. Apalagi untuk anak-anak dibawah umur. Saya berharap adanya kesadaran para pelaku entertain dalam dunia hiburan untuk memberikan tayangan yg lebih bermanfaat dan lebih mendidik.
    Maka dari itu kita wajib untuk men-sharing mana yang bermanfaat bagi kita dan mana yang tidak bermanfaat. Pengetahuan tentang tekhnologi juga perlu kita pelajari agar tidak salah dalam menggunakannya

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.