.

Jul 21, 2017

Kota Ranai dan Kabupaten Natuna

Oleh : Atep Afia Hidayat - Di Kota Ranai (Kecamatan Bunguran Timur) berlokasi pusat pemerintahan Kabupaten Natuna. Jika Kota Ranai identik dengan Bunguran Timur, maka luas wilayahnya mencapai 146,83 km2 dengan jumlah penduduk tahun 2015 sekitar 26.127 jiwa, sehingga kepadatan penduduknya mencapai 178 jiwa per km2. Kota Ranai terletak di Pulau Bunguran bagian timur, sebelah timur berbatasan dengan Laut Natuna, sebelah selatan dengan Kecamatan Bunguran Selatan; sebelah barat dengan Kecamatan Bunguran Barat dan Bunguran Tengah; serta sebelah utara dengan Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Sebagai catatan Kabupaten Natuna meliputi 12 kecamatan, enam kelurahan dan 70 desa. Kabupaten Natuna meliputi 154 pulau, 27 pulau sudah dihuni dan 127 pulau belum dihuni. Dikelompokkan menjadi Pulau-pulau Natuna Utara (Pulau Laut dan pulau-pulau di sekitarnya), di sini terdapat satu kecamatan, yaitu Kecamatan Pulau Laut;  Pulau-pulau Natuna Besar (Pulau Bunguran, Pulau Tiga dan pulau-pulau di sekitarnya), di sini terdapat tujuh kecamatan yaitu Bunguran Utara, Bunguran Barat, Bunguran Selatan, Bunguran Timur, Bunguran Tengah, dan Bunguran Timur Laut; serta Pulau-pulau Natuna Selatan (Pulau Subi, Pulau Serasan dan pulau-pulau di sekitarnya), meliputi empat kecamatan, yaitu Midai, Subi, Serasan dan Serasan Timur. 

Dengan memperhatikan jumlah penduduk 11 kecamatan lainnya yang masih di bawah 20.000 jiwa, maka di Kabupaten Natuna hanya terdapat satu kota, yaitu jika mengacu pada klasifikasi kota yang dibedakan secara numerik, bahwa kota kecil berpenduduk antara 20.000 - 50.000 jiwa.




Sumber :

No comments:

Post a Comment