.

May 6, 2017

Bagaimana Memilih Karir Setelah Kuliah ?

Oleh: Dwika Pratiwi

Sebagian besar orang merasakan ketidakyakinan ke mana harus mendapatkan bantuan tentang bagaimana memilih karir dan mendapatkan panduan. Ada tiga langkah dasar yang dapat dilakukan untuk membantu menjawab pertanyaan Bagaimana Menentukan Karir. Di bawah ini ada beberapa saran untuk membantu kamu memilih karir masa depanmu. Langkah-langkah berikut bermanfaat khususnya bagi para mahasiswa sebagai panduan merencanakan karir.


Langkah Satu
Cari tahu minat kamu dengan cara bertanya pada diri kamu sendiri:
Apa yang saya minati?
Apa yang dapat saya kerjakan dengan baik dan saya nikmati?
Kepribadian seperti apa yang saya miliki?
Apa yang sangat penting bagi saya?
Apa nilai utama yang saya pegang?

Ikuti berbagai tes berkaitan dengan karir yang ditawarkan oleh pusat karir di kampusmu, atau ikuti ujian karir yang tersedia secara online untuk membantu kamu memilih karir. Cari tahu lebih dekat tentang pengelaman hidup kamu berkaitan dengan pekerjaan, kelas atau kesempatan lain yang kamu sukai. Ingat, ini sangat personal dan semua tentang diri kamu! Memilih karir dapat menjadi pengalaman yang sangat memuaskan dengan bantuan yang tepat tentu saja.

Langkah Dua
Pelajari tentang pilihan karir yang kamu punyai. Jarang sekali ada kesempatan untuk mengambil kelas yang memberikan petunjuk tentang duania kerja sebagaimana faktanya di lapangan. Kamu harus mengambil inisiatif untuk menggali kesempatan ini sendiri. Cari tahu apakah pusat karir atau perpustakaan di kampusmu memiliki buku yang menjelaskan tentang berbagai jenis pekerjaan, kualifikasi khusus yang diperlukan dan kisaran gaji untuk berbagai posisi. Konsultan karir di kampus mungkin dapat membantu kamu. Dan juga, berbicaralah dengan orang-orang dari berbagai latar belakang karir melalui wawancara pendek, dan cobalah career shadowing , magang atau kerja paruh waktu. Semakin baik kamu merencanakan karir sebagai mahasiswa, semakin baik pula persiapan kamu memulai mencari pekerjaan pertamamu.

Langkah Tiga
Bagian ketiga bagaimana memilih karir adalah untuk mengetahui prioritas dalam karir. Setelah kamu melewati langkah satu dan dua, mungkin kamu mulai mengenali kelebihsukaan yang kuat dari diri kamu. Kamu mungkin jadi tahu bahwa kamu tidak tertarik bekerja di lingkungan kantor. Atau kamu mulai tahu bahwa minat kamu di bidang seni tidak dapat mempertahankan karir, jadi kamu mencoret pekerjaan jenis tersebut dari daftar kamu. Apa pun yang kamu pelajari tentang diri kamu, kamu melakukan penemuan penting yang akan membantu kamu menentukan karir yang bagus ketika saatnya tiba.
Yang paling penting, ingat bahwa: kamu tidak harus selamanya tetap pada pilihan karir yang kamu buat di tahap perencanaan karir semasa menjadi mahasiswa ini. Sebagian besar orang berganti karir beberapa kali selama hidupnya, jadi pekerjaan pertama yang kamu pilih setelah lulus kuliah mungkin tidak akan menjadi karir kamu dalam `5 atau 20 tahun mendatang, kecuali kamu menginginkannya. Jadi jangan terlalu menekan diri kamu sendiri untuk membuat keputusan yang sempurna, dan selalu buka matamu, gunakan sumber daya yang tersedia dalam perjalan hidup kamu untuk menemukan jalan bagaimana menetukan karir yang cocok.

Mulai pencarian kamu dari sini! Neuvoo Indonesia


No comments:

Post a Comment