.

Aug 3, 2013

Persib Belum Jadi Juara

Oleh : Atep Afia Hidayat - Liga Super Indonesia (LSI) musim kompetisi 2012 – 2013 telah memastikan Persipura Jaya Pura sebagai juara. Hal itu karena pencapaian 73 poin dari total 30 pertandingan pada klasmen sementara yang tidak mungkin dikejar pesaing utamanya seperti Arema Malang, Persib Bandung, Sriwijaya FC Palembang dan Mitra Kukar Tenggarong. Untuk sementara Persipura sudah memiliki keunggulan 17 poin dari Arema yang menempati peringkat kedua dengan lima kali sisa pertandingan. Selamat untuk tim Mutiara Hitam yang sudah empat kali meraih tropi juara LSI, kemenangan tim ujung timur Indonesia pun disambut warga Papua dengan meriah.

Lantas bagaimana dengan peluang Persib Bandung untuk bertengger pada posisi kedua ? Menurut Manajer Persib, Umuh Muchtar (dalam simamaung.com), melihat tabel klasemen sementara LSI, persaingan untuk merengkuh gelar runner up semakin berat dan ketat. Terlebih, menurutnya, 2 partai terakhir adalah laga tandang ke markas tim juara, Persipura Jayapura dan Persiwa Wamena.

Sebagai catatan Persib masih menyisakan sisa lima pertandingan, yaitu  Persib vs Persidafon (20/8/2013),  Persib vs Persiram (24/8/2013), Persija vs Persib (28/8/2013), Persipura vs Persib (03/9/2013), dan Persiwa vs Persib (07/09/2013). Dari kelima laga kandang dan tandang tersbut perolehan poin sempurna, yaitu 15 agak sulit untuk dicapai. Posisi saat ini Persib menempati peringkat keempat dengan meraih 56 poin, di bawah Arema dan Mitra Kukar yang masing-masing dengan perolehan 59 dan 57 poin, sementara tepat di bawah Persib ada Sriwijaya FC dengan 56 poin. Persaingan antara empat tim yang begitu ketat untuk meraih posisi kedua sehingga bisa lolos ke Liga Champion AFC.

Optimisme memang harus selalu diterapkan, tak kurang dari  Striker Persib, Sergio van Dijk, mengatakan bahwa Persib harus bekerja keras jika ingin finis di posisi runner up. Persib masih memiliki lima laga sisa untuk meraih poin semaksimal mungkin (republika.co.id).  Ya, kerja keras dan bermain cerdas itulah kata kuncinya.  Bagaimanapun pertandingan sepak bola merupakan adu otak, mental dan otot (OMO). Tidak sekedar mengejar dan mendapatkan bola, namun lebih jauh lagi bagaimana mengelolanya supaya menghasilkan goal. Semua lini tim Persib harus bermain sesuai kapasitasnya, bagaimanapun Persib bertaburan pemain bintang. Semuanya harus termotivasi dan memberikan penampilan terbaik bagi tim yang didukung puluhan juta bobotoh tersebut.  

Kinerja Persib sedang menanjak, dari 29 kali pertandingan, 16 kali meraih kemenangan, 8 kali imbang dan hanya 5 kali kalah. Produktivitas gol cukup tinggi, yaitu dengan memasukan 65 gol, di mana kontribusi Sergio van Dijk mencapai   19 gol, M. Ridwan 11 gol, dan Kenji 9 gol. Hal yang luar biasa ialah dukungan penonton saat pertandingan kandang dengan akumulasi jumlah penonton mencapai  308.968 orang atau dengan  rata-rata 20.598 penonton per pertandingan (sumber data persib.co.id).  

Untuk musim kompetisi 2013 – 2014 seharusnya penampilan Persib lebih berkilau lagi, karena didukung oleh fasilitas berupa Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Gedebage, Bandung Timur, yang merupakan salah satu stadion sepak bola terbaik di Indonesia. Ya, persib harus mencetak prestasi nasional, bahkan Asia, sehingga benar-benar namanya dikenal diseantero Asia. Tak berlebihan jika situs The Top Ten masih tetap menobatkan Persib sebagai salah satu klub sepak bola terbaik di dunia. (Atep Afia)


Sumber Gambar:



Artikel Terkait :




6 comments:

  1. NAmpaknya warga jawa barat khususnya bobotoh harus bersabar kembali menanti klub kebanggannya menjadi juara liga indonesia,setelah sekian tahun tidak mendapat gelar baik tingkat nasional maupun internasional. Tapi,dengan dukungan fanatik dari bobotoh warga jawa barat,INSYA ALLAH kelak PERsib akan jadi juara liga indonesia,,go PERSIB.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Afifah Putri Nadiyah
    @A20-AFIFAH

    Persib Bandung harus mengakui keunggulan dari Persipura, karena di musim ini Persib kembali gagal menjadi juara di liga ISL. Tapi dengan itu tidak menjadikan Persib harus patah semangat. Masih ada liga tahun depan yang bisa dimaksimalkan oleh Persib. Dengan taktik dan strategi yang sesuai, pasti akan ada kemungkinan untuk menjadi juara ISL untuk tahun depan.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yosep setiawan
      @D17-Yosep, @Tugas A05

      PERSIB bandung adalah tim kembanggaan jawa barat bahkan indonesia,persib bukan sekedar tim sepakbola tetapi persib adalah kulture dari anak anak kecill hingga dewasa berbondong bondong menyaksikan pertandingan persib,persib adalah tim dengan dana yang cukup besar,berlipah nya sponsor akan membuat ambisi untuk mendatangkan pemain berkualitas...insya allah persib sllu juara aminnn PERSIB JUARA

      Delete