.

Aug 14, 2013

Empat Situs Web China Paling Ngetop Di Dunia




Oleh : Atep Afia Hidayat – Luar biasa, perkembangan teknologi informasi di negeri tirai bambu, khususnya teknologi internet,  terus mengejar posisi Amerika Serikat, bahkan mengalahkan Jepang dan negara-negara Eropa Barat. Hal itu setidaknya dapat dilihat dari keberhasilan empat situs web asal Cina yang masuk peringkat dua puluh besar dunia, dan dua situs web asal Cina yang menempati peringkat sepuluh besar berdasarkan pemeringkatan Alexa Traffic Rank (ATR). Inilah sepuluh besar situs web dengan jumlah pengunjung terbanyak di dunia :

Google – Amerika Serikat
Facebook – Amerika Serikat
YouTube – Amerika Serikat
Yahoo ! – Amerika Serikat
Baidu.com – China

Wikipedia.org – Amerika Serikat
QQ.com – China
Amazon.com – Amerika Serikat
Windows Live – Amerika Serikat
Linkedin.com -  Amerika Serikat

Dengan demikian situs web asal China menempati peringkat 5 dan 7 dunia. Pada peringkat sepuluh besar berikutnya terdapat dua situs web asal cina, yaitu Taobao.com pada peringkat ke 13 dan Sina.com.cn Sina.com.cn pada peringkat ke 20.  

Lantas, kenapa empat situs web asal China bisa menempati peringkat 20 besar dunia ? Jawaban yang pertama adalah penerapan teknologi web yang sudah maju, dan yang kedua pengguna internet di Cina sudah mencapai 591 juta orang, ternyata sekitar 44 persen penduduk Cina sudah memiliki akses internet (Kompas.com).

Situs web paling populer di China  ialah Baidu.com yang merupakan mesin pencari paling banyak digunakan, jauh mengalahkan keberadaan Google, yang hanya menempati peringkat ke 16 paling populer di China. Berbeda dengan kondisi di negara lainnya yang umumnya dikuasai situs web asal Amerika Serikat seperti Google, Facebook, YouTube, Yahoo! dan Wikipedia, di China dalam peringkat 20 besar, 19 situs web di antaranya merupakan asal China. Hanya Google yang dianggap berjaya di China.

Baidu.com merupakan mesin pencari yang begitu memudahkan dan dapat diandalkan. Aplikasinya menggunakan  bahasa Cina, dilengkapi  konten multi-media, termasuk musik dan film MP3. Selain itu merupakan yang pertama di Cina dalam  menawarkan wireless application protocol (WAP) dan pencarian mobile berbasis personal digital assistant (PDA). Pertengahan Juli 2013 Baidu.com mengumumkan akan mengucurkan dana sebesar 1,9 miliar dollar AS untuk membeli 91 Wireless Websoft, sebuah perusahaan yang mengelola dua app stores di China.

Adapun QQ.com merupakan portal dengan tujuan strategis “one-stop online life service”. Situs web ini dimiliki oleh Tencent, inc, didirikan pada akhir tahun 1998. Tencent juga membawahi QQ games dan PaiPai.com (merupakan situs belanja online terbesar kedua di China). Selain itu masih ada QQ instant messenger, QQ mail dan mesin pencari SOSO. Pengguna QQ instant messenger pada pertengahan 2009 telah mencapai 990 juta orang.

Taobao.com diluncurkan pada tahun 2003 lalu, merupakan situs belanja online dengan 500 juta pengguna aktif dan 800 juta produk terdaftar. Taobao Marketplace bertujuan menjadi situs belanja online terbesar di dunia.

Adapun Sina merupakan perusahaan media online China untuk komunitas Cina di seluruh dunia. Sina meliputi  empat lini bisnis utama, yaitu Sina Weibo, Sina Mobile, Sina Online, dan Sina.net. Sebagai catatan Sina memiliki lebih dari 100 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia (Wikipedia) . Sina.com.cn menyediakan informasi komprehensif mengenai Cina selama 24 jam dalam sehari, baik berupa  berita tentang peristiwa domestik dan internasional, acara olahraga, hiburan, fashion, industri, keuangan, Iptek, dan sebagainya.

Itulah sekilas gambaran empat situs web asal China yang menempati peringkat dua puluh besar dunia berdasarkan data Alexa Traffic Rank (ATR) yang diakses pada tanggal 14 Agustus 2013. (Atep Afia)


3 comments:

  1. situs china tersebut dengan jumlah pengunjung 250 jta perhari.. jumlah yang sangat ngetop abis

    ReplyDelete
  2. You could be qualified for a complimentary $1,000 Amazon Gift Card.

    ReplyDelete
  3. @D15-Vindi @Tugas A05
    Harapannya satu semoga Indonesia bisa masuk ke dalam Top situs tersebut... Tetapi situs yg berbobot positif.

    ReplyDelete