.

Apr 21, 2013

Salam Terhebat Di Dunia

Oleh : Atep Afia Hidayat - Belakangan banyak tokoh di negeri ini mencari-cari bentuk salam yang khas. Tak kurang dari Adnan Buyung Nasution, pengacara ternama, mempopulerkan Salam Kasih. Beliau keberatan dengan Salam Sejahtera, yang menurutnya hanya ditujukan bagi orang-orang yang sejahtera. Ada lagi Mario Teguh, yang membawakan acara motivasi di Metro TV, muncul dengan Salam Super. Entah apa maksudnya dan kemana arahnya, mungkin semua orang harus jadi Super Man.

Padahal, sebenarnya nggak usah repot-repot cari salam ke sana ke mari. Sudah ada salam terindah. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabaraakatuh. Semoga keselamatan, kasih sayang dan berkah dilimpahkan kepadamu.

Dalam http://id.wikipedia.org/wiki/Assalamu_al…, disebutkan : Assalamu'alaikum  merupakan salam dalam Bahasa Arab, dan digunakan oleh kultur Muslim. Salam ini adalah Sunnah Nabi Muhammad SAW, yang dapat merekatkan Ukhuwah Islamiyah umat Muslim di seluruh dunia.

Untuk yang mengucapkan salam, hukumnya adalah Sunnah. Sedangkan bagi yang mendengarnya, wajib untuk menjawabnya. Kesimpulannya bahwa Salam berarti:

1. Mengingat (dzikr) Allah SWT,
2. Pengingat diri,
3. Ungkapan kasih sayang antar sesama Muslim,
4. Doa yang istimewa,
5. Pernyataan atau pemberitahuan bahwa anda aman dari bahaya tangan dan lidahku

Rasulullah SAW selanjutnya memberikan arahan memberi salam bahwa:

1. Orang yang berkendaraan harus memberi salam kepada pejalan-kaki.
2. Orang yang berjalan kaki memberi salam kepada yang duduk.
3. Kelompok yang lebih sedikit memberi salam kepada kelompok yang lebih banyak jumlahnya.
4. Yang meninggalkan tempat memberi salam kepada yang tinggal.
5. Ketika pergi meninggalkan atau pulang ke rumah, ucapkanlah salam meski tak seorangpun ada di rumah (malaikat yang akan menjawab).
6. Jika bertemu berulang-ulang maka ucapkan salam setiapkali bertemu.

Pengecualian kewajiban menjawab salam:

1. Ketika sedang sholat. Membalas ucapan salam ketika sholat membatalkan sholatnya.
2. Khatib, orang yang sedang membaca Al-Quran, atau seseorang yang sedang mengumandangkan Adzan atau Iqamah, atau sedang mengajarkan kitab-kitab Islam.
3. Ketika sedang buang air atau berada di kamar mandi.

Dengan demikian, tak perlu mencari-cari salam yang tidak karuan, seperti Salam Olah Raga, Salam Sayang, atau salam-salam lainnya. Cukup dengan Salam terhebat yang diajarkan Rasulullah SAW. Coba Anda cari ke seluruh pelosok dunia, adakah salam yang lebih indah dan lebih hebat ? Nah, semoga bermanfaat (Atep Afia)

1 comment:

  1. fajar ari utomo @C29-FAJAR
    Kode Tugas : Tugas TC05

    mario teguh tidak jelas. hahaha.

    sangat bermanfaat pak, mengingatkan kita kembali bahwa ajaran islam memang ajaran yang membawa perdamaian dan persatuan.

    ReplyDelete