.

Apr 23, 2013

Irfan Bachdim, Gayus dan Keong Racun


Oleh : Atep Afia Hidayat - Pada jaman dengan teknologi informasi yang makin canggih seperti sekarang, populeritas seseorang bisa dengan cepat diukur. Hanya dalam hitungan detik. Caranya ? Gunakan saja berbanagi mesin pencarian seperti Google dan Yahoo, ketik nama tertentu, maka sekitika akan muncul hasil pencarian atau yang dikenal dengan hits. Nah, untuk mengukur keterkenalan Anda di dunia maya, coba ketik nama Anda, berapa angka ya muncul ?

Mau makin terkenal ? Ya jadilah individu yang menjadi pusat perhatian media cetak, elektronik dan tentu saja internet. Cara yang paling mudah ? Ya rajin-rajinlah posting di blog pribadi Anda atau di Kompasiana, lambat-laun hits pencarian Anda akan semakin banyak.

Adalah Irfan Bachdim pesepakbola nasional yang masih relatif baru, namun namanya meroket bak meteor. Di dunia nyata nama Irfan Bachdim begitu dielu-elukan. Pada setiap latihan tim nasional selalu didatangi fans beratnya, terutama kalangan hawa, khususnya remaja putri. Bahkan  tak kurang dari orang nomor satu di Indonesia, Presiden SBY juga menyempatkan diri melihat Irfan Bachdim dan kawan-kawan berlatih.

Populeritas Irfan Bachdim di dunia maya ditandai dengan hasil pencarian yang luar biasa, berdasarkan mesin pencarian Google, posisi Selasa, 14 Desember 2010, sekitar pukul 10.30 WIB mencatat 4.860.000 hits, jauh melampaui seseama pemain Timnas Christian Gonzales dengan 1.540.000 hits.  Bambang Pamungkas 526.000 hits dan Firman Utina 237.000 hits.  Puluhan ribu situs web baik yang ada di Indonesia maupun luar negeri memberitakan fenomena Irfan Bachim. Semoga hal ini menjadi awal kebangkitan persebak-bolaan Indonesia.

Ternyata populeritas Irfan Bachdim di Google mengalahkan "Keong Racun", yang mencatat 3.510.000 hits. Ya, sebelum muncul nama Irfan Bachim, nama yang paling terkenal berdasarkan pencarian Google adalah Keong Racun.  Kemudian nama Keong Racun dikalahkan oleh nama Gayus Tambunan, yang saat ini mencapai 4.320.000 hits. Dengan demikian nama Irfan Bachim masih jauh melampaui nama Gayus Tambunan, dengan selisih sekitar 540.000 hits.

Nama Irfan Bachim akan jauh lebih meroket lagi, jika Kesebelasan Nasional Indonesia berhasil mengalahkan Philipina dalam dua pertandangan home and away yang berlangsung di Jakarta. Alagi jika Timnas berhasil menjuarai Piala AFF Suzuki 2010, lengkaplah sudah, bisa saja nama Irfan Bachim di pencarian Google menembus angka 6.000.000 hits. Fatntastis ! Muda, ganteng dan populer, akan menjadi bintang bersinar di Timnas Indonesia, yang dalam perkembangannya bisa saja berhasil merumput di salah satu Liga Eropa.  (Atep Afia)

2 comments:

  1. Nama :Ashim asy’ari (41615110029) TB05

    Menanggapi artikel ini , teknologi yang terus berkembang dengan pesat sangatlah membantu masyarakat , apalagi saat ini anak kecilpun sudah mengenal hp smartphone dan aplikasi yang terinstal didalamnya seperti Google, youtube dll nya . sehingga memudahkan masyarkat khususnya dengan anak / masa-masa remaja untuk mencari informasi idolanya tersebut dari foto,biodata ataupun karir masalalunya dll sangatlah mudah . yang saya baca dan yang saya dapat popularitas idola dari anak remajalah yang mencatat hits yang tertinggi yaitu irfan bachdim dengan karir yang bagus sebagai pemain timnas,ganteng dan menarik jadi memiliki daya tarik sangat banyak para fans nya di banding dengan keong racun ataupun gayus.
    Kesimpulannya Jadi banyak beberapa faktor seseorang tersebut mencapai popularitasnya dan teknologi dapat mengukur dengan mudah tingkat popularitas setiap orang yang diidolakan .

    ReplyDelete
  2. Dwi Muji Abako
    @C18-Muji, Tugas TC05

    Seiring dengan perkembagan teknologi dengan cepat popularitas seseorang dapat diukur. Irfan bachdim diberitakan melalui puluhan ribu situs web. Yang ada di indonesia dan luar negeri dan mmenjadi nama yang paling terkenal berdasarkan pencarian google. Dia mengalakan nama keong racun dan gayus tambunan

    ReplyDelete