.

Apr 21, 2013

Capai Sesuatu dalam Sepuluh Ribu Jam

Oleh : Atep Afia Hidayat - Kehidupan umat manusia secara global terus mengalami dinamisasi. Terjadi perbaikan dalam berbagai aspek kehidupan, baik menyangkut sosial, ekonomi, budaya, teknologi, pangan, kesehatan, dan sebagainya. Umat manusia terus-menerus berinovasi, mencari cara-cara terbaru untuk menjalani kehidupan yang lebih sejahtera. Kemajuan teknologi pesawat memungkinkan kita bisa bepergian ke tempat manapun yang ada di Planet Bumi ini, hanya dalam hitungan jam atau puluhan jam.

Kota-kota di dunia telah terintegrasi dalam sistem transportasi udara yang cepat dan dengan biaya terjangkau. Teknologi transportasi terus berkembang, baik transportasi dalam kota, antar kota dalam satu negara, maupun lintas kota antar negara. Kereta api lajunya makin cepat saja, begitu pula kapal dengan berbagai ukuran, melintas laut dan samudera, makin memudahkan manusia untuk saling berhubungan. Teknologi otomotif juga memungkinkan ditemukannya sebuah mobil yang cepat, nyaman dan artistik.

Bidang teknologi informasi kemajuannya begitu mencengangkan, untuk sekedar berkomunikasi dengan siapapun dan di manapun kini semakin mudah saja. Beragam situs jejaring sosial menyatukan manusia di Planet Bumi ini. Begitupula beragam fasilitas seperti YM, BBM, dan sebagainya, membuat interaksi dan komunikasi menjadi mudah dan murah.

Teknologi kedokteran pun mengalami perkembangan yang fantastis. Beragam virus dengan efek mematikan kini bisa dicegah secara awal. Begitu pula transplantasi organ tubuh, kini semakin sering dilakukan. Beragam produk farmasi dihasilkan setiap saat, untuk pencegahan dan pengobatan beragam jenis penyakit. Perkembangan Iptek merambah semua segi kehidupan. Di bidang musik misalnya, media penyimpan semakin canggih, dimulai dari penemuan piringan hitam yang berukuran besar, dimodifikasi menjadi pita kaset, kemudian compact disk, muncul lagi MP3, dan tidak berhenti sampai disitu, masih akan ada kelanjutan teknologi berikutnya.

Manusia terus berinovasi, penemuan-penemuan teknologi baru, cenderung membawa pencerahan pada bidang lainnya. Perkembangan teknologi informasi, menjadikan sektor ekonomi makin bergairah, sektor pendidikan makin terpacu, sektor sosial makin dinamis. Teknologi bagaikan dua sisi mata uang, satu sisi menuju kebaikan dan kesejahteraan, satu sisi menuju keburukan dan kehancuran. Perkembangan teknologi nuklir misalnya, bisa memacu perbaikan bidang kedokteran, pangan atau energi untuk kebaikan dan kesejahteraan hidup manusia. Sebaliknya bisa pula dimanfaatkan bidang militer untuk saling mengancam kelangsungan hidup sesama umat manusia. Inovasi jalan terus, penemuan selalu terjadi, teknologi makin pesat kemajuaanya. Hal itu harus diikuti sikap arif dan bijak para penggunanya.

Adalah Malcolm Gladwell, dalam bukunya Outliers: The Story of Success, yang diterbitkan Little, Brown and Company, tahun 2008, menuliskan dan menghimpun data kedisiplinan inovator kelas dunia, mulai dari pemain hoki es Kanada sampai fenomena Bill Gates, dia menemukan Aturan 10 Ribu jam. Menurut Gladwell, para inovator memerlukan waktu sekitar 10 ribu jam efektif atau sekitar 10 tahun untuk sampai pada penemuannya yang canggih dan fenomenal.

Ya, kita bisa jadi penemu yang hebat, di bidang apapun dalam kehidupan ini, asalkan fokus selama 10 ribu jam. Begitu lama dan mungkin melalahkan memang, tetapi kalau dijalani sebagai hoby, dengan semangat full , maka tidak terlalu berasa, apalagi jika puncak pencapaian telah tiba. Kita harus menggeluti aspek atau bidang yang kita sukai selama 10 ribu jam, baru menuai hasilnya secara mengesankan. Beberapa contoh di negeri sendiri misalnya, Dahlan Iskan memeiliki hampir 100 surat kabar, tersebar di berbagai kota, juga karena fokus selama 10 ribu jam atau lebih. Begitu pula Purdi E. Chandra memeiliki lebih dari 500 outlet bimbingan belajar ternama, karena kekuatan fokus. Dan banyak contoh lain, baik dibidang politik, ekonomi, pendidikan, bisnis, lingkungan, hiburan, dan sebagainya. Yuk kita fokus 10 ribu jam !!! (Atep Afia)

4 comments:

  1. Saya setuju dengan pernyataan dari bapak bahwa dunia ini terus berjalan dengan dinamisnya segala macam perubahan dari segi sosial, ekonomi, budaya, teknologi dll.Hal tersebut juga bertujan untuk memperbaiki dan mensejahtrakaan kehidupan umat manusia oleh karena kita harus menghargai waktu yang telah diberikan Allah kepada kita. Kita semua yang hidup didunia ini dalam sehari diberi waktu yang sama yaitu 24 jam. Dalam waktu tersebut kita diberi kesempatan untuk melakukan segala aktifitas kita. Jika kita mendengar kata waktu "10000 jam" maka dipikiran kita akan terlintas waktu yang sangat lama sekali. Tapi unutk orang yang ingin menggapai cita-citanya waktu tersebut diperlukan untuk menggapai itu dan dia berfokus pada suatu kegiatan yang dia lakukan dan ia akan mersakan hasilnya setelah 10 tahun itu.

    ReplyDelete
  2. menurut saya kehidupan harus di jalanin dengan keseimbangan yang dan harus menjalankan kehidupan yang melandasi dengan kepercayaan diri di kehidupan di dunia.karna itu lah saya tidak boleh menyia-nyiakan waktu.karna pepatah mengatakan waktu adalah uang

    ReplyDelete
  3. Raka Ardi Pratama
    @C28-RAKA

    Teknologi saat ini memang memilikim peranan penting dalam berbagai aspek kehidupan. 10.000 jam jika kita gunakan hanya untuk menikmati hasil karya orang lain sangatlah sia-sia. tetapi jika waktu itu digunakan untuk mencoba sesuatu, melakukan hal baru, menemukan hal baru yang mungkin akan berguna bagi dunia. gunakan waktu sebaik mungkin yaa...

    ReplyDelete
  4. @B25-Diky Ardiwinata

    Jaman semakin canggih ,kita harus memanfaatkan nya semaksimal mungkin , agar tidak terjai hal-hal yang tidak diingin kan..

    ReplyDelete